Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akuisisi 55 Persen Saham Fajar Surya Wisesa (FASW), SCG Gelontorkan Rp9,6 Triliun

Grup konglomerasi asal Thailand Siam Cement Group (SCG) menggelontorkan Rp9,6 triliun untuk mengakuisisi 55% saham PT Fajar Surya Wisesa Tbk. yang diperkirakan selesai pada kuartal III/2019. 

Bisnis.com, JAKARTA - Grup konglomerasi asal Thailand Siam Cement Group (SCG) menggelontorkan Rp9,6 triliun untuk mengakuisisi 55% saham PT Fajar Surya Wisesa Tbk. yang diperkirakan selesai pada kuartal III/2019. 

President dan CEO The Siam Cement Public Company Limited (SCC) Roongrote Rangsiyopash mengumumkan bahwa SCG Packaging Public Company Limited (SCG Packaging), bisnis inti SCC di bisnis produk kertas kemasan dengan kepemilikan 99,04%, telah memasuki perjanjian jual beli bersyarat 55% saham PT Fajar Surya Wisesa Tbk. dari pemegang saham yang ada. Transaksi ini akan dijalankan melalui entitas anak SCG Packaging. 

Dia mengatakan, nilai transaksi itu sekitar Rp9,6 triliun yang bersumber dari kas internal. Transaksi ini diperkirakan selesai pada kuartal III/2019. 

"Setelah selesai transaksi ini akan dilakukan penawaran tender wajib sebagaimana diwajibkan oleh OJK dan BEI," katanya dikutip dari keterangan resminya pada Minggu (12/5/2019). 

Dia mengatakan, akuisisi ini memungkinan SCG untuk meningkatkan pertumbuhan di Asean, terutama di Indonesia yang memberikan peluang pertumbuhan yang besar di masa depan bagi SCG Packaging.

Mengingat populasi Indonesia sebanyak 270 juta dan konsumsi kertas kemasan per kapita, potensi pertumbuhan pasarnya hampir 3 kali dari Thailand. 

Fajar Surya Wisesa merupakan emiten produsen kertas kemasan dengan kapasitas terpasang 1,3 juta metrik ton per tahun dan tercatat di BEI dengan kode saham FASW. Pada 2018, perseroan membukukan penjualan bersih senilai Rp9,94 triliun atau naik 35,45% secara tahunan.

Adapun, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp1,40 triliun atau naik 141,27% secara tahunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper