Jumat 10 Mei, Kenaikan Tarif Impor AS untuk China Tekan IHSG Siang Ini

Keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menaikkan tarif impor terhadap produk asal China yang senilai US$200 miliar pada Jumat (10/5/2019) menyeret turun IHSG yang sempat dibuka di zona hijau.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 10 Mei 2019  |  14:18 WIB
Jumat 10 Mei, Kenaikan Tarif Impor AS untuk China Tekan IHSG Siang Ini
Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (29/4/2019)./ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA — Keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menaikkan tarif impor terhadap produk asal China yang senilai US$200 miliar pada Jumat (10/5/2019) menyeret turun IHSG yang sempat dibuka di zona hijau.

Berdasarkan data Bloomberg pukul 14.04 WIB, indeks terpantau melemah 0,26% ke level 6.182. 

Hampir seluruh sektor melemah dipimpin oleh sektor industri dasar dan kimia yang turun 1,27% serta sektor pertanian dan sektor tambang yang sama-sama memerah 0,68%.

Adapun, hanya sektor infrastruktur yang masih mampu menghijau dengan penguatan 0,44%.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, kenaikan tarif dari AS terhadap China di tengah-tengah perundingan telah membawa efek negatif yang signifikan terhadap kinerja indeks yang telah melemah beberapa hari terakhir.

“Hal ini merupakan efek dari kebijakan Trump,” kata Nafan kepada Bisnis.com, mengacu kepada pelemahan IHSG siang ini, Jumat (10/5/2019).

Adapun, penopang sektor infrastruktur yang dapat menguat sendiri, lanjut Nafan, ditopang oleh kebijakan strategis yang akan dilakukan para emiten, seperti persiapan belanja modal dalam rangka ekspansi bisnis pada pengembangan infrastruktur tanah air dalam rangka mendukung konektivitas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG, Indeks BEI, Donald Trump

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top