Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moody's Tegaskan Peringkat Ba3 untuk Chandra Asri (TPIA)

Moody's Investors Service menegaskan peringkat Ba3 terhadap PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dengan outlook stabil. 
Chandra Asri Petrochemical/istimewa
Chandra Asri Petrochemical/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Moody's Investors Service menegaskan peringkat Ba3 terhadap PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dengan outlook stabil. 

Moody's  juga menegaskan peringkat Ba3 pada obligasi global TPIA sebesar US$300 juta. Obligasi diterbitkan oleh TPIA dan dijamin oleh anak perusahaannya, PT Styrindo Mono Indonesia dan PT Petrokimia Butadiene Indonesia. 

"Peringkat Ba3 menegaskan pengelolaan keuangan kredit dan kebijakan keuangan yang hati-hati, sebagaimana disorot leverage keuangan yang rendah dan likuiditas yang sangat baik, dengan eksposur ke komoditas petrokimia dan rencana belanja modal yang besar," kata Vice President and Senior Credit Officer Moody's Brian Grieser. 

Utang ini sesuai dengan EBITDA TPIA sebesar 1,6 kali dan posisi kas bersih, mendukung peringkat Ba3. Manajemen keuangan yang kuat memberikan perlindungan terhadap profitabilitas TPIA. 

Margin EBITDA TPIA melemah dari 22,7% pada 2017 menjadi 16% pada 2018, sebagian besar karena pendapatan dari etilen dan polietilen mengetat di kuartal IV karena harga nafta mulai turun, sementara TPIA berproduksi melalui persediaan bahan baku dengan harga yang tinggi.

TPIA saat ini memulai empat proyek ekspansi dan belanja awal pada investasi yang direncanakan di pabrik petrokimia kedua dengan kebutuhan investasi di atas US$450 juta pada 2019 dan hampir US$300 juta pada tahun 2020. 

TPIA diperkirakan dapat melanjutkan pengelolaan neraca keuangannya dengan hati-hati, meskipun ada rencana pengeluaran modal yang besar dan proyeksi Moody's bahwa margin akan tetap antara 15% dan 18% di 2019.

Prospek yang stabil mencerminkan proyeksi Moody bahwa kinerja operasional TPIA dan arus kas akan tetap solid. 

Moody's mencatat, peringkat TPIA dapat meningkat jika, pertama, ekspansi kapasitas yang direncanakan perusahaan dilakukan tepat waktu dan sesuai anggaran. Kedua, jika TPIA menjaga utang terhadap EBITDA di bawah 2 kali. 

Moody's dapat menurunkan peringkat perusahaan jika, pertama, metrik kreditnya memburuk, sehingga solvabilitas melebihi 3 kali selama periode yang diperpanjang. Kedua, likuiditasnya memburuk, sehingga saldo kasnya di bawah $100 juta. Ketiga, memulai ekspansi besar yang didanai oleh utang proyek.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper