Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBN Ritel : Target Indikatif Masih Bisa Dicapai

Target indikatif penjualan instrumen surat berharga negara ritel seri-seri berbasis tabungan masih bisa dicapai oleh pemerintah.
Obligasi
Obligasi

Bisnis.com, JAKARTA— Target indikatif penjualan instrumen surat berharga negara ritel seri-seri berbasis tabungan masih bisa dicapai oleh pemerintah.

Hal itu masih dimungkinkan kendati diperkirakan akan terhambat oleh naiknya tingkat konsumsi masyarakat selama periode Ramadan dan lebaran.

Pemerintah melalui kementerian keuangan pada Jumat (3/5/2019) kembali menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara berbasis tabungan dengan seri ST004. Bulan lalu, pemerintah juga menerbitkan SBN konvensional dengan seri SBR006.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Luky Alfirman mengatakan, target ST-004 senilai Rp2 triliun tergolong moderat dan mirip dengan seri sebelumnya.

Luky mengharapkan dengan asumsi adanya Tunjangan Hari Raya (THR), masyarakat bisa mulai menyisihkan untuk berinvestasi lebih besar.

Namun, kata Luky, hal itu memang tidak bisa langsung direalisasikan, dengan mempertimbangkan tingginya tingkat konsumsi menjelang Ramadan.

 "Kami memang memperhitungkan THR, tapi kita tahu konsumsi juga cukup tinggi ketika masa Ramadan. Makanya target cukup moderat sebesar Rp2 triliun,"kata Luky Jumat (5/3/2019).

Selain itu, Luky menyebutkan penawaran tingkat kupon ST004 dipengaruhi oleh sentimen eksternal.

Keputusan The Fed dalam rapat Federal Open Market Committee (FOMC) pada Rabu (1/5), di luar ekspektasi pasar yang memprediksi ada pemangkasan suku bunga.

Selanjutnya dari sisi internal, Bank Indonesia juga mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-DRR di level 6 persen.

Adapun tingkat kupon yang diberikan untuk instrument ST004 sebesar 7,95 persen, serupa dengan Savings Bond Ritel (SBR) seri 006 (SBR006). Namun memang lebih rendah dibandingkan ST003 dan SBR005 sebesar 8,15 persen.

Fikri C.Permana, Analis Pefindo mengatakan prospek penyerapan ST004 masih positif, meskipun dengan adanya tren penurunan yield, khususnya dikarenakan spread (basis poin) yang semakin turun dari suku bunga acuan.

Fikri juga meyakini nilai tersebut, wajar dicapai dengan melihat bahwa SBN tersebut masih tergolong baru, dan pemerintah cenderung memberikan literasi kepada publik.

Apalagi, kata Fikri, berkaca dari nilai penyerapan seri sebelumnya yang berada di atas Rp2 triliun. Fikri juga masih berharap kaum millenials akan menjadi pembeli dominan, walau secara nilai masih kalah dengan baby boomers.

Fikri tidak menampik bahwa nilai penyerapan ST004 akan lebih rendah dibandingkan SBR005, dengan adanya bulan Ramadan, pengetahuan terhadap produk syariah yang relatif sedikit lebih rendah dibandingkan konvensional, serta tidak adanya fitur penjualan di pasar sekunder.

“Menurut kami dengan kupon 7.95 persen dan fitur lain yang relatif sama dengan SBN ritel lain, ditambah  label sukuk (syariah), keliatannya target indikatif Rp2 triliun akan tercapai,bahkan lebih,” jelasnya Minggu (5/5/2019).

Fikri juga merasa bahwa rencana penerbitan SBN ritel oleh pemerintah hingga 10 kali pada tahun ini masih realistis. Hal itu didasarkan pada jumlah pendapatan per kapita masyarakat Indonesia per tahunnya sebesar 56 juta, dan jumlah penduduk 264 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper