Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Spanyol Pulih, Indeks Stoxx Europe Ditutup Menguat Tipis

Bursa saham Eropa ditutup menguat tipis pada akhir perdagangan Senin (29/4/2019) setelah investor memilih untuk fokus pada sisi positif dari kemenangan Perdana Menteri Pedro Sanchez dalam pemilihan umum di Spanyol.
Bursa Eropa/Reuters
Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat tipis pada akhir perdagangan Senin (29/4/2019) setelah investor memilih untuk fokus pada sisi positif dari kemenangan Perdana Menteri Pedro Sanchez dalam pemilihan umum di Spanyol.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,31 poin atau 0,08 persen ke level 391,32, setelah bergerak pada kisaran 389,63-392,05. Sebagian besar indeks di regional juga berakhir positif.

Indeks IBEX Spanyol, yang turun hampir 1 persen di awal sesi, berakhir naik 0,12 persen karena kerugian untuk utilitas mampu diimbangi oleh penguatan saham perbankan utama negara itu.

Dilansir Reuters, Partai PSOE Perdana Menteri Sanchez memenangkan pemilihan hari Minggu, meskipun tidak meraih suara mayoritas parlemen, yang berarti perlu bantuan partai-partai regional untuk membentuk pemerintah koalisi.

"Sepertinya kita akan dapat melanjutkan pemerintahan di bawah PSOE," kata Bert Colijn, ekonom senior yang berfokus pada zona euro di ING, seperti dikutip Reuters.

"Saya akan mengatakan itu adalah cerita yang cukup positif. Saya pikir secara umum menjadi pro-Eropa baik untuk reformasi dan kebijakan dan menjadi zona pro-euro akan membantu pasar,” lanjutnya.

Kekhawatiran di sekitar hasil jajak pendapat, ditambah dengan data sentimen ekonomi zona euro yang lemah, telah mendorong pasar ke zona merah pada awal perdagangan.

Tetapi penguatan saham perbankan, Santander, bersama dengan penurunan dalam imbal hasil pasar obligasi Spanyol, menunjuk pada pandangan yang lebih positif dari investor.

Indeks sektor perbankan Eropa naik hampir 1 persen, dengan HSBC, Intesa Sanpaolo dan BNP Paribas termasuk di antara sepuluh pendorong teratas ke indeks Stoxx 600.

Sementara itu, produsen obat Prancis Sanofi juga naik 1,7 persen menyusul keputusan positif AS dan regulator Eropa tentang obat kolesterol dan diabetes yang dikembangkan bersama oleh perusahaan.

Saham Airbus naik 0,95 persen setelah pimpinan maskapai penerbangan Timur Tengah Flydubai mengatakan maskapai kemungkinan akan memesan Airbus A320neos sebagai pengganti pesawat Boeing 737 Max.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper