Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ringkasan Perdagangan 29 April: IHSG Lanjutkan Reli, Asing Net Buy Rp55,09 T, Rupiah Melemah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatannya pada akhir perdagangan Senin (29/4/2019). Sementara itu pasar saham Asia cenderung bergerak positif.
Pengunjung beraktivitas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Rabu (13/2/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Pengunjung beraktivitas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Rabu (13/2/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatannya pada akhir perdagangan Senin (29/4/2019). Sementara itu pasar saham Asia cenderung bergerak positif.

Di sisi lain, nilai tukar rupiah berakhir melemah, melanjutkan pelemahan di hari keenam berturut-turut setelah terdepresiasi sepanjang pekan lalu.

Berikut ringkasan perdagangan di pasar saham, mata uang, dan komoditas yang dirangkum Bisnis.com hari ini:

Bursa Asia Menguat, IHSG Lanjutkan Reli pada Awal Pekan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan pekan ini dengan ditutup menguat pada perdagangan Senin (29/4/2019).

Berdasarkan data BloombergIHSG ditutup menguat 0,39 persen atau 24,81 poin di level 6.425,89 dari level penutupan perdagangan sebelumnya. Adapun pada perdagangan Jumat (26/4), IHSG ditutup menguat 0,44 persen atau 28,29 poin di level 6.401,08.

Dari 632 saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sebanyak 227 saham menguat, 179 saham melemah, dan 226 saham stagnan.

Investor Asing Catat Net Buy Rp52,09 Triliun Hari Ini

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (IDX), investor asing membukukan aksi beli bersih atau net sell senilai sekitar Rp52,09 triliun pada perdagangan hari ini, sekaligus mengakhiri reli net sell selama empat hari berturut-turut.

Investor asing membukukan aksi beli sekitar 6,61 miliar lembar saham senilai Rp55,28 triliun, jauh melampaui aksi jual oleh investor asing yang tercatat 1,28 miliar lembar saham senilai sekitar Rp3,19 triliun.

Total nilai transaksi yang terjadi di lantai bursa hari ini mencapai sekitar Rp61,24 triliun dengan volume perdagangan tercatat sekitar 18,29 miliar lembar saham.

Data Ekonomi AS & China Dorong Penguatan Bursa Asia

Bursa saham Asia menguat pada hari Senin (29/4/2019), menyusul pertumbuhan ekonomi kuartal pertama AS yang kuat dan data yang menunjukkan laba perusahaan industri China tumbuh untuk pertama kalinya dalam empat bulan.

Investor yang masih terganggu oleh ketidakpastian atas prospek ekonomi global sedang menunggu pertemuan Federal Reserve AS pekan ini dan data manufaktur China untuk petunjuk lebih lanjut tentang arah kebijakan di negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut.

Dilansir dari Bloomberg, indeks MSCI Asia Pacific di luar Jepang menguat 0,5 persen, rebound dari penurunan mingguan terbesar dalam lebih dari satu bulan pada pekan lalu. Adapun indeks blue-chip China CSI 300 melonjak 1,61 persen, namun indeks Shanghai Composite melemah 0,77 persen.

Jelang Negosiasi Perang Dagang, Rupiah Kembali Ditutup Melemah

Rupiah kembali ditutup melemah pada perdagangan Senin (29/4/2019), menjadi pelemahan selama 6 hari berturut-turut.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Senin (29/4/2019), rupiah ditutup melemah tipis 0,063%, naik 9 poin menjadi Rp14.208 per dolar AS. Padahal, pada pertengahan perdagangan, rupiah sempat bertahan menguat 16 poin atau 0,11% pada level Rp14.183 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper