Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Dikabarkan Telah Membeli Minyak Mentah AS

Pertamina dikabarkan telah membeli minyak mentah pertamanya dari Amerika Serikat. Kargo yang membawa minyak tersebut diperkirakan tiba di salah satu kilang perusahaan pelat merah itu, pada Juni mendatang.
Harga minyak mentah Indonesia turun./JIBI
Harga minyak mentah Indonesia turun./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Pertamina dikabarkan telah membeli minyak mentah pertamanya dari Amerika Serikat. Kargo yang membawa minyak tersebut diperkirakan tiba di salah satu kilang perusahaan pelat merah itu, pada Juni mendatang.

Dikutip dari Reuters, informasi itu berasal dari seorang sumber yang mengetahui persoalan tersebut, Rabu (24/4/2019). Menurut sumber itu, Pertamina sudah membeli kargo dalam sebuah tender karena tawaran minyak AS lebih kompetitif dibandingkan dengan penawaran minyak mentah Afrika.

Lewat pembelian ini, sambungnya, memungkinkan Pertamina mendiversifikasi pasokan minyak mentahnya, sehingga tidak bergantung pada sumber-sumber saat ini. Sementara itu, terkait dengan kabar ini, Pertamina belum memberikan konfirmasi.

Merdasarkan data Refinitiv Eikon, pengiriman hampir 600.000 barel minyak mentah West Texas Intermediate Midland pesanan Pertamina itu, telah dimuat ke kapal tanker Aframax China Dawn di terminal Enterprise Houston, pada 20 April lalu. Selanjutnya, kapal kargo tersebut dijadwalkan tiba di kilang minyak Cilacap pada 7 Juni mendatang.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan negara Asia terbaru yang mengimpor minyak mentah dari AS. Pertumbuhan produksi minyak serpih yang signifikan di AS, telah memungkinkan negara itu mengirimkan komoditas itu ke sejumlah konsumen di kawasan Asia dan Eropa dengan harga lebih kompetitif.

Sementara itu, harga minyak jatuh pada perdagangan Rabu (24/4/2019), di tengah sinyal memadainya pasokan minyak global. Walaupun, sebuah lonjakan harga terjadi pada pekan ini karena dorongan sanksi AS yang lebih ketat kepada Iran.

Berdasarkan data Bloomberg, hingga pukul 14.04 WIB, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate turun 0,74% atau 0,31 poin ke level US$65,99 per barel, sedangkan harga minyak Brent melemah 0,39% atau 0,29 poin ke level US$74,22 per barel.

Harga minyak mentah sempat naik ke level tertinggi 2019 pada awal pekan ini, usai AS menyatakan, Senin (22/4) akan mengakhiri semua keringanan sanksi Iran. Dalam hal ini, AS menuntut negara-negara menghentikan pembelian minyak dari Teheran pada Mei mendatang. Jika tidak, Paman Sam sudah menyiapkan sanksi.

Sejumlah analis mengatakan, pasar minyak global tetap mendapatkan pasokan yang cukup untuk saat ini. Hal ini berkat kapasitas cadangan yang cukup dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC), Rusia, dan Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper