Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREDIKSI IHSG SELASA (16/4/2019) : Indeks Masih Betah di Zona Hijau, Simak Pilihan Sahamnya

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan masih melanjutkan penguatan pada perdagangan Selasa (16/4/2019). 
Pengunjung menggunakan smartphone di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan saham di BEI, Jakarta, Rabu (20/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Pengunjung menggunakan smartphone di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan saham di BEI, Jakarta, Rabu (20/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan masih melanjutkan penguatan pada perdagangan Selasa (16/4/2019). 

Pada penutupan perdagangan Senin (15/4/2019), IHSG berakhir menguat 0,457% ke level 6.435,151 atau naik 29,285 poin. Sepanjang tahun berjalan, IHSG telah naik 3,88%. 

Sebanyak 9 dari 10 indeks sektoral berada di zona hijau. Penguatan dipimpin oleh sektor aneka industri sebesar 1,33%, diikuti sektor consumer goods sebesar 0,76%, dan sektor manufaktur sebesar 0,75%. 

Sektor pertambangan menjadi satu-satunya yang berada di zona merah dengan pelemahan sebesar 0,42%. Investor asing tercatat net sell sebesar Rp344,79 miliar. 

Director PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, sehari menjelang Pilpres dan pekan ini juga merupakan pekan yang pendek, tentu dapat memberikan peluang terhadap pola gerak IHSG untuk tetap berada dalam rentang konsolidasi wajar. Potensi penguatan masih terlihat cukup besar di tengah kepastian yang akan terbentuk. 

"Hari ini IHSG berpotensi menguat," katanya dikutip dari riset harian pada Senin (15/4/2019). 

IHSG hari ini diperkirakan pada rentang 6.389-6.556. Indosurya Bersinar Sekuritas merekomendasikan saham yang dapat dicermati yakni JSMR, KAEF, KLBF, PTPP, ADHI, ASRI, PWON, AKRA, ASII. 

Analis Bina Artha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama maupun kedua memiliki range pada 6.419,500-6.403,848. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range 6.446,418-6.457,686. 

Berdasarkan indikator, MACD masih membentuk pola dead cross berada di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI masih berada di area netral. 

"Meskipun demikian, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance," katanya. 

Bina Artha Sekuritas merekomendasikan saham yang dapat dicermati yakni ACES, BBRI, CPIN, INTP, MEDC, TLKM. 

Di sisi lain, Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, pergerakan IHSG kembali menguji bearish trend line di kisaran level 6.450 secara teknikal dan menguji MA50 di kisaran 6.470 pada short term. Meskipun demikian, bearish trend line masih menjadi trigger negatif. 

"Kami prediksikan IHSG akan bergerak cenderung tertekan pada perdagangan selanjutnya dengan support resistance 6.390-6.442," katanya dikutip dari riset harian pada Senin (15/4/2019). 

Reliance Sekuritas merekomendasikan saham yang dapat dimonitor di antaranya LSIP, CPIN, JPFA, SMGR, INDF, GGRM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper