Catat Kinerja Minus 0,47 Persen, Indeks Reksa Dana Saham Memerah Sendirian

Kinerja indeks reksa dana saham menjadi satu-satunya yang turun ke area negatif secara year-to-date (ytd) pada akhir pekan lalu, tertekan oleh pelemahan indeks harga saham gabungan (IHSG) secara month-to-date.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 15 April 2019  |  13:55 WIB
Catat Kinerja Minus 0,47 Persen, Indeks Reksa Dana Saham Memerah Sendirian
Karyawati berkomunikasi di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/2/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Kinerja indeks reksa dana saham menjadi satu-satunya yang turun ke area negatif secara year-to-date (ytd) pada akhir pekan lalu, tertekan oleh pelemahan indeks harga saham gabungan (IHSG) secara month-to-date.

Berdasarkan data Infovesta Utama, indeks reksa dana saham yang tercermin dalam Infovesta Equity Fund Index tercatat memerah 0,47% dengan performa IHSG sebagai indeks acuannya sebesar tumbuh 3,41%. Namun demikian, secara month-to-date IHSG telah tergerus sebesar 0,97%.

Sementara itu, kinerja indeks reksa dana campuran yang tercermin dalam Infovesta Balanced Fund Index tetap berada di posisi teratas sebesar 2,81% kendati masih di bawah kinerja indeks acuannya sebesar 3,38%.

Selanjutnya, menyusul indeks reksa dana pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta Fixed Income Fund Index sebesar 3,03% atau lebih baik dari indeks acuannya sebesar 2,56%.

Adapun kinerja indeks reksa dana pasar uang yang tercermin dalam Infovesta Morney Market Fund Index tercatat 1,47% atau stabil di dekat indeks acuannya sebesar 1,59%.

Infovesta mencatat, koreksi yang terjadi pada pasar saham pada bulan ini turut menekan kinerja indeks reksa dana saham dan reksa dana campuran secara mingguan.

Pada penutupan pekan lalu, kinerja indeks reksa dana saham dan indeks reksa dana campuran masing-masing tercatat -1,67% dan -0,69%. Begitu pula indeks reksa dana pendapatan tetap mencatatkan kinerja mingguan di zona merah sebesar -0,21%. Hanya indeks reksa dana pasar uang yang masih berada di area positif dengan imbal hasil sebesar 0,09%.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG, reksa dana

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top