Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ECB Siap Dukung Ekonomi Zona Euro, Bursa Eropa Naik

Bursa saham Eropa berhasil menyentuh posisi lebih tinggi pada akhir perdagangan Kamis (11/4/2019), setelah seorang pejabat bank sentral menyampaikan kesiapan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk mendukung ekonomi zona euro.
Kanptr pusat Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt, Jerman/Reuters-Alex Domanski
Kanptr pusat Bank Sentral Eropa (ECB) di Frankfurt, Jerman/Reuters-Alex Domanski

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa berhasil menyentuh posisi lebih tinggi pada akhir perdagangan Kamis (11/4/2019), setelah seorang pejabat bank sentral menyampaikan kesiapan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk mendukung ekonomi zona euro.

Berdasarkan data Reuters, indeks saham Stoxx 600 Eropa naik 0,1%, dengan saham-saham yang diperdagangkan di Paris menguat 0,7% seiring dengan penguatan saham emiten barang mewah.

Kepala Bank Sentral Prancis Francois Villeroy de Galhau mengatakan bahwa situasi zona euro tidak serupa dengan Jepang dan ECB tidak kekurangan amunisi untuk mempercepat pertumbuhan harga dan menopang perekonomian.

“Komentar Villeroy meyakinkan pasar dan membantu sentimen investor karena menunjukkan bahwa lembaga itu [ECB] bersedia menyokong kawasan tersebut jika diperlukan,” ujar David Madden, analis pasar di CMC markets UK dalam risetnya.

Saham bank, yang turun 0,3% pada Rabu (10/4/2019) setelah ECB menuntaskan pertemuan kebijakannya, bangkit kembali dan naik 1,3%.

Saham Commerzbank menguat 3,1% setelah ketua dewan pengawasnya menampik laporan ketidakpuasan dewan terkait kepala eksekutifnya, sebagai hal yang tidak berdasar. Dia juga mengatakan Commerzbank "harus mengeksplorasi" opsi untuk bergabung dengan Deutsche Bank.

Sementara itu, saham perusahaan barang mewah LVMH menguat 4,6% ke level rekor tertingginya setelah induk Louis Vuitton ini membukukan penjualan kuartal pertama yang kuat.

Saham-saham perusahaan penerbangan juga naik, dengan indeks travel naik 1,3%, menyusul kabar mengenai penundaan Brexit hingga akhir Oktober.

Penundaan tersebut untuk sementara mengangkat sedikit ketidakpastian yang menggantung perusahaan-perusahaan, yang sebelumnya diperkirakan akan terdampak jumlah perjalanan wisatawan Inggris yang lebih sedikit ke Eropa apabila Brexit tanpa kesepakatan terjadi.

Saham EasyJet dan Deutsche Lufthansa masing-masing menguat 8,4% dan 3,1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper