Persiapan Ramadan dan Lebaran, XL Axiata (EXCL) Ambil Langkah Antisipasi

Emiten operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. memperkirakan trafik semua layanan akan meningkat saat memasuki bulan Ramadhan hingga libur Lebaran nanti. Trafik data pun dinilai akan naik paling tinggi sekitar 30% dibandingkan dengan hari biasa.
Dwi Nicken Tari | 08 April 2019 10:52 WIB
XL Axiata Tower, Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA—Emiten operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. memperkirakan trafik semua layanan akan meningkat saat memasuki bulan Ramadhan hingga libur Lebaran nanti. Trafik data pun dinilai akan naik paling tinggi sekitar 30% dibandingkan dengan hari biasa.

Head  Customer Experience Management XL Axiata Ahmad Hamzah memperkirakan akses pada layanan streaming akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik streaming video maupun musik.

“Untuk antisipasi, XL akan meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik,” katanya, pekan lalu dalam rangkaian XL Axiata Media Gathering 2019 di Banyuwangi.

Hamzah memaparkan untuk persiapan memasuki Ramadan dan libur lebaran, perseroan telah mengamankan koneksi di sepanjang jalur tol baru, baik di Jawa maupun Sumatra, yang menjadi jalur utama mudik dan arus balik selama libur lebaran.

Untuk jaringan core, peningkatan kapasitas secara menyeluruh telah dilakukan emiten berkode saham EXCL tersebut terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur/hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data. 

Selain itu, dilakukan pula penambahan upstream menjadi 1.5x melalui 2 exchange, yakni dari Singapura dan Australia. Berikutnya, EXCL juga menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, daerah tujuan mudik, dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat libur Lebaran. 

“Juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata,” imbuh Hamzah.

EXCL pun mengklaim, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE.  Hamzah menyampaikan, di sepanjang Pulau Jawa, baik jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta – Surabaya telah terlayani 100% dengan jaringan 4G LTE. 

Sementara itu, di jalan tol luar Jawa, yaitu Bakauheni–Terbanggi, telah beroperasi jaringan 4G XL Axiata dengan wilayah cakupan lebih dari 85%. 

Untuk jalan raya non-tol pantai utara Jawa, dari Jakarta hingga Surabaya, pun telah terpasang layanan 4G LTE dengan wilayah cakupan hingga sekitar 95%, dan di jalur non-tol Pantai Selatan telah terlayani jaringan 4G LTE sekitar 90%. 

Di Sumatra sendiri, lebih dari 94% jalur mudik utama telah terpasang jaringan 4G LTE, sedangkan di Kalimantan mencapai 66%.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, imbuh Hamzah, kota-kota tujuan utama mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dinilai akan mengalami lonjakan trafik sebagai imbas dari terjadinya perpindahan pelanggan ketika mudik. 

Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, wilayah Jawa Tengah menjadi tujuan utama mudik dari pelanggan XL Axiata. EXCL mencatat, setidaknya ada peningkatan jumlah pelanggan di wilayah ini sebanyak 26% yang merupakan pindahan dari wilayah lain selama periode lebaran. 

Di Jawa Baratm tercatat kenaikan pelanggan sekitar 14% dan Jawa Timur 12%. Begitu pula, sejumlah wilayah di Sumatera juga diperkirakan berlaku hal yang sama, khususnya di Sumatra Selatan dan Sumatra Utara. Di sisi lain, wilayah Jabodetabek, Bali, dan Lombok, justru diperkirakan bakal mengalami penurunan pelanggan.

Adapun, pada periode Ramadan–Lebaran 2018, total trafik data XL Axiata mencapai sekitar 7.000TB. Sementara sejauh ini, trafik di hari biasa pada tahun ini telah mencapai sekitar 9.300TB. Trafik data pada Ramadan dan libur lebaran tahun ini diperkirakan bisa meningkat sekitar 30%.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, kinerja emiten, lebaran

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup