Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The Fed Tegaskan Sikap Dovish, Sektor Perbankan Menahan Reli Wall Street

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 141,71 poin atau 0,55% ke level 25.745,67 dan indeks Standard & Poors 500 melemah 8,34 poin atau 0,29% ke 2.824,23, sedangkan indeks Nasdaq Composite menguat 5,02 poin atau 0,07% ke 7.728,97.

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks S&P 500 dan Dow Jones ditutup melemah pada perdagangan Rabu (20/3/2019), terseret sektor finansial setelah Federal Reserve AS menegaskan sikap kebijakan moneter yang dovish.

Meskipun ketiga indeks saham utama AS secara singkat berbalik menguat setelah pernyataan The Fed, hanya Nasdaq yang mengakhiri sesi di wilayah positif.

"Reaksi pertama terhadap pernyataan Fed selalu merupakan reaksi yang salah," kata Art Hogan, kepala analis pasar di National Securities, seperti dikutip Reuters.

Pada akhir pertemuan kebijakan moneter yang berlangsung dua hari, bank sentral AS mengindikasikan tidak adanya kenaikan suku bunga lebih lanjut tahun ini, dan merilis rincian rencana untuk mengakhiri pengurangan neraca setiap bulan.

Namun, meskipun indeks berubah positif setelah rilis pernyataan itu, emiten perbankan yang sensitif terhadap suku bunga meredam reli tersebut. Sektor finansial melemah tajam di jam terakhir perdagangan, mengakhiri sesi dengan pelemahan 2,1%.

R.J. Grant, kepala perdagangan Grant di Keefe, Bruyette & Woods di New York melihat kenaikan besar dalam penjualan saham perbankan secara khusus, karena kurva imbal hasil datar.

Pasar saham telah menguat sejak awal tahun, ketika Gubernur The Fed John Powell mengatakan bank sentral akan mengambil pendekatan "sabar" terhadap kebijakan moneternya.

Powell menegaskan sentimen tersebut pada konferensi pers setelah rilis, mengutip data ekonomi yang beragam dan risiko yang terkait dengan Brexit dan negosiasi perdagangan sebagai alasan untuk berhati-hati.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 141,71 poin atau 0,55% ke level 25.745,67 dan indeks Standard & Poor’s 500 melemah 8,34 poin atau 0,29% ke 2.824,23, sedangkan indeks Nasdaq Composite menguat 5,02 poin atau 0,07% ke 7.728,97.

Dari 11 sektor utama dalam indeks S&P 500, enam mengakhiri sesi di wilayah negatif.

Saham Fedex Corp turun 3,5% setelah perusahaan pengiriman paket global ini memangkas proyeksi laba untuk tahun 2019 menyusul perlambatan pertumbuhan perdagangan global.

Sementara itu, saham Rival United Parcel Service Inc juga ditutup melemah 2,2%.

Di sisi lain, saham General Mills Inc. menguat 2,2% setelah perusahaan makanan kemasan ini melaporkan laba kuartalan yang lebih baik dari perkiraan dan mendorong perkiraan setahun penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper