Produsen Mobil Menguat, Indeks Stoxx Reli di Hari Kelima

Indeks sektor otomotif melonjak 2,4%, membukukan kenaikan satu hari terbesar dalam lebih dari tiga bulan terakhir, membantu indeks Stoxx Europe 600 naik 0,6%.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 20 Maret 2019  |  05:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa saham Eropa menguat di hari kelima berturut-turut pada Selasa (19/3/2019), didukung oleh reli produsen mobil setelah Peugeot menyarankan Fiat Chrysler berencana untuk merger, di saat Bank of America Merrill Lynch berbicara tentang saham di sektor ini.

Indeks sektor otomotif melonjak 2,4%, membukukan kenaikan satu hari terbesar dalam lebih dari tiga bulan terakhir, membantu indeks Stoxx Europe 600 naik 0,6%.

Reli juga didorong oleh antisipasi investor terhadap Federal Reserve yang lebih akomodatif, serta sejumlah emungkinan short-covering ketika fund manager menyebut ekspektasi bearish di bursa Eropa sebagai perdagangan "paling ramai" untuk pertama kalinya.

"Kemungkinan akan ada beberapa short covering hari ini mengingat sentimen di seluruh dunia positif dalam dan pelaku pasar telah melihat indikator ekonomi yang buruk dari zona euro sebagai pembenaran," kata analis CMC Markets, David Madden, seperti dikutip Reuters

Madden mengatakan The Fed kemungkinan akan mempertahankan pendekatan kebijakan berbasis data. Ini akan mengikuti langkah-langkah oleh Bank Sentral Eropa dua minggu lalu yang melonggarkan kebijakan dan memompa lebih banyak uang ke dalam sistem keuangan, menawarkan harapan kelanjutan kenaikan pasar saham.

Sektor otomotif didorong oleh lompatan 5% saham Fiat Chrysler setelah presiden perusahaan holding grup Peugeot menyarankan bahwa Fiat menjadi merupakan salah satu opsi untuk merger, dan Bank of America Merrill Lynch merekomendasikan investor membeli saham perusahaan.

Daimler, Volkswagen dan Porsche berada di antara pilihan teratas BAML, membantu bursa saham Jerman rebound dari penurunan Senin ke level tertinggi lima bulan dan memimpin kenaikan di wilayah tersebut.

Saham ritel dan sumber daya dasar juga ikut menguat, sementara saham bank berbalik dari pelemahan dan berakhir menguat 0,15%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa eropa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top