Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kresna Sekuritas : IHSG Menguat, Perhatikan TLKM & ANTM

Kresna Sekuritas memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penguatan hari ini. Adapun, saham yang dapat diperhatikan investor ialah TLKM dan ANTM dengan rekomendasi spekulasi beli.
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Pengunjung berada di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis,com, JAKARTA - Kresna Sekuritas memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penguatan hari ini. Adapun, saham yang dapat diperhatikan investor ialah TLKM dan ANTM dengan rekomendasi spekulasi beli.

Dalam laporannya, tim analis Kresna Sekuritas menuliskan, indeks saham AS pada perdagangan kemarin ditutup lebih tinggi (DJIA +0,58%, S&P500 +0,69%) yang ditopang oleh kenaikan saham di sektor teknologi dan data ekonomi yang positif.

Indeks saham Eropa pada perdagangan kemarin juga ditutup menguat dengan indeks DAX dan indeks FTSE100 yang masing-masing naik 0,42% dan 0,11% . Dari regional, pasar Asia pagi ini juga dibuka hijau, dengan indeks NIKKEI yang naik 0.57% dan dan indeks KOSPI yang naik 0.13%.

“Kresna lihat sentimen regional secara keseluruhan adalah positif untuk IHSG hari ini. Dari sisi teknikal, IHSG Kresna perkirakan bergerak terbatas di rentang 6.380-6.420,” paparnya, Kamis (14/3/2019).

Dari dalam negeri, PP Persero Grup merilis kinerja full year 2018. PTPP sebagai parent company melaporkan laba sebesar Rp1,5 triliun (+3,3% year-on-year/YoY) sedangkan PPRO dan PPRE sebagai subsidiaries melaporkan laba masing-masing sebesar Rp471,3 miliar (+5.98% YoY) dan Rp326,424 miliar (+73.3%  YoY).

Berikut sejumlah berita yang menjadi perhatian:

*Ekonomi: Pemerintah targetkan tax ratio di 11% PDB*
Menteri Keuangan menargetkan penerimaan pajak Indonesia dapat mencapai 11% dari PDB. Angka ini lebih rendah dibandingkan pencapaian tahun 2016 Thailand (13,71%), Malaysia (13,77%), Singapura (13,71%), namun lebih baik dari Myanmar (6,41%). (erp) Sumber: Bisnis Indonesia

_*Pendapat Kresna:*_
Peningkatan pajak dapat mengurangi defisit pemerintah, sehingga dapat mengurangi beban pertumbuhan utang bersih setiap tahunnya. Digitalisasi pembayaran dan integrase transaksi dengan sistem pajak dapat meningkatkan basis pajak, seperti kewajiban penggunaan NPWP untuk transaksi pembelian kendaraan bermotor dan pembelian tiket pesawat internasional (namun sistem harus sederhana dan seamless)

*Telekomunikasi: lelang frekuensi 5G kemungkinan di 2020*
Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa lelang frekuensi jaringan 5G dapat terealisasi pada 2020. Sementara itu, operator dapat mengembangkan 4G LTE Advance Pro berbasis teknologi license assite access (LAA) pada frekuensi 5GHz.

_*Pendapat Kresna:*_
Lelang frekuensi mendesak dilakukan untuk mempercepat implementasi 5G. Namun, perlu diingat frekuensi 3GHz masih ditempati Satelit, sedangkan frekuensi UHF masih diisi operator Televisi. Kemungkinan besar, frekuensi yang dilelang adalah frekuensi atas (28 GHz).

*PTPP: Laba 2018 mencapai Rp1,5T*
PTPP melaporkan laba 2018 sebesar Rp1,5T, naik 3,4%YoY ditopang oleh naiknya topline sebesar 16,8%YoY ke Rp25,1T. Meskipun begitu, kenaikan biaya produksi dan biaya operasional menekan profitability sehingga net profit margin menjadi 6% dari sebelumnya 6,8%. (aks) Sumber: Bisnis Indonesia

_*Pendapat Kresna:*_
Pencapaian PTPP ini inline dengan ekspektasi Kresna karena setara dengan 97,5% dan 94.4% dari forecast Kresna dan konsensus. Kenaikan biaya produksi dan biaya operasional memberi tekanan pada profitability dimana gross profit margin dan operating profit margin turun ke 14,1% dan 10,5% dari 15,1% dan 11,7%. Akan tetapi, kanaikan di laba dari JV dan Associates sebesar 33%YoY membuat net profit margin stabil di level 6%. Kresna mempertahankan rekomendasi Kresna pada PTPP dengan BUY TP Rp2,760.

*GIAA: Fokus menaikkan profitabilitas dengan mengembangkan usaha lain-lain (kargo dan layanan dalam pesawat)*
Manajemen perseroan yang Kresna temui mengungkapkan rencana untuk meningkatkan keterisian kargo dengan skema kerjasama dan ekspansi ke sektor e-commerce dan perikanan. Selain itu, beberapa kerjasama bisnis dengan penyedia layanan wi-fi dan kuliner dalam pesawat juga diperkirakan dapat menambah pendapatan lain-lain bagi Garuda Indonesia (GIAA) ke depannya. (ryh) Sumber: GIAA, Kresna Securities

_*Pendapat Kresna:*_
Kresna masih menaruh perhatian pada bisnis inti perseroan, dimana tingkat keterisian penumpang masih belum sebanding dengan penambahan jumlah pesawat yang ada. Kresna menganggap perlunya perseroan untuk mengurangi jumlah pesawat untuk menekan beban pembiayaan, dan mengurangi rute-rute yang selama ini kurang terisi penuh untuk menekan beban operasional, terutama bahan bakar.

*ROTI: Bukukan kenaikan laba bersih FY18 18,3%*
Nippon Indosari Corpindo (ROTI) dengan produk andalannya Sari Roti berhasil mencatatkan kenaikan pendapatan 11,06% menjadi Rp2,77T dan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik sebesar Rp172,69 miliar atau naik 18,3% di 2018 dibandingkan tahun sebelumnya. Walaupun demikian, operating margin turun menjadi 7.0% dari tahun sebelumnya 10.3% akibat pembengkakan beban usaha sebesar Rp247 miliar. (tdg) Sumber: ROTI, Kresna Securities

Berikut sejumlah saham pilihan Kresna Sekuritas pada hari ini.
*ANTM 965. Speculative Buy.* Estimasi rentang 950-1010. Indikator stochastic yang oversold berpotensi membuatnya rebound untuk menguji 1010-1040 kembali. Stop loss apabila turun lebih jauh ke bawah support 950. (ryh)

*TLKM 3710. Speculative Buy.* Estimasi rentang 3620-3890. Indikator stochastic yang oversold berpotensi membuatnya rebound untuk menguji 3890-3990 kembali. Stop loss apabila turun lebih jauh ke bawah support 3620. (ryh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper