Optimisme Perundingan AS-China Menurun, Bursa Asia Melemah

Bursa saham Asia tergelincir pada perdagangan Kamis setelah komentar hati-hati dari Ketua Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer meredam optimisme terhadap hubungan perdagangan China-AS.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  09:10 WIB
Optimisme Perundingan AS-China Menurun, Bursa Asia Melemah
bursa asia

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Asia tergelincir pada perdagangan Kamis setelah komentar hati-hati dari Ketua Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer meredam optimisme terhadap hubungan perdagangan China-AS.

Indeks MSCI Asia Pacific di luar Jepang terpantau melemah 0,1%, sedangkan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,1%, indeks Kospi Korea Selatan merosot 0,5%, dan Nikkei 225 Jepang melemah 0,5%.

Dilansir dari Reuters, bursa saham global melemah setelah Lighthizer mengatakan masih terlalu dini untuk memprediksi hasil pembicaraan antara AS dan China.

Bursa global sebelumnya mencapai level tertinggi empat bulan awal pekan menyusul ekspektasi optimis terhadap pembicaraan perdagangan kedua negara.

"Komentar Lighthizer memangkas sedikit harapan resolusi perdagangan yang telah tumbuh baru-baru ini, dan pasar saham tertekan," kata Masahiro Ichikawa, analis senior di Sumitomo Mitsui Asset Management, seperti dikutip Reuters.

"Mengenai ketegangan antara India dan Pakistan, ini merupakan masalah. Tapi itu tetap menjadi topik regional untuk saat ini dan dampak pasar secara keseluruhan sejauh ini terbatas," lanjutnya.

Konflik antara India dan Pakistan memanas setelah keduanya mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka menembak jatuh pesawat tempur satu sama lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bursa Asia

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup