Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elnusa (ELSA) Kembangkan Smart Water Meter & Smart Power Meter di Tangerang

PT Elnusa Tbk. mengembangkan smart water meter dan smart power meter untuk mendukung pengelolaan air di Kota Tangerang.
Elnusa/Ilustrasi
Elnusa/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — PT Elnusa Tbk. mengembangkan smart water meter dan smart power meter untuk mendukung pengelolaan air di Kota Tangerang.
 
Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (25/2/2019), Elnusa menjelaskan bahwa sistem yang berbasis Internet of Things (IoT) tersebut merupakan solusi untuk mengurangi tingkat kehilangan air atau Non Revenue Water (NRW) perusahaan penyedia air. Selain itu, teknologi tersebut diklaim dapat memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah.
 
Direktur Pengembangan Usaha Elnusa Arief Riyanto mengatakan pengembangan teknologi tersebut untuk memudahkan pemantauan distribusi air, baik dari sisi perusahaan penyedia air maupun masyarakat. Lewat teknologi tersebut, perusahaan penyedia air dapat memantau secara realtime dan online proses penyaluran, tingkat kehilangan air dapat dikontrol dan pengelolaan air menjadi lebih baik.
 
Dalam proyek itu, perseroan bekerja sama dengan PT Moya Tangerang sebagai produsen air serta PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang yang merupakan unit usaha distribusi air bersih bagi masyarakat Kota Tangerang dalam mendukung smart city pengelolaan air.
 
Kerja sama emiten berkode saham ELSA itu dituangkan dalam perjanjian bukti konsep atau Proof of Concept (PoC).
 
“Kerja sama ini merupakan sinergi antara pemerintah dan perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pengembangan teknologi IoT yang kami lakukan merupakan kesungguhan untuk mendukung smart city di Indonesia dan diawali di Kota Tangerang,”paparnya.
 
Arief mengklaim terdapat lima keunggulan dalam teknologi IoT yang dikembangkan. Pertama, tren kebutuhan air dapat diestimasikan secara realtime dan online.
 
Kedua, kehilangan air dapat dimonitor dengan cepat dan tepat. Ketiga, pengelolaan air pada waktu jenuh dapat dimitigasi.
 
Keempat, memungkinkan untuk menentukan nilai jual air berdasarkan waktu penggunaan. Kelima, memudahkan pemantauan penggunaan air di rumah.
 
“Elnusa melalui solusi totalnya terus mengembangkan berbagai inovasi untuk meningkatkan kapasitas nasional. Smart water meter dan smart power meter merupakan solusi yang kami tawarkan untuk memudahkan pengelolaan suplai air ke pelanggan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper