Pilarmas Sekuritas: IHSG Ditopang Sentimen Positif Perang Dagang

Pilarmas Investindo Sekuritas memperkirakan cukup banyak sentimen positif yang menjadi modal untuk pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (13/2/2019).
Emanuel B. Caesario | 13 Februari 2019 09:06 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat papan penunjuk pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Senin (4/2/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pilarmas Investindo Sekuritas memperkirakan cukup banyak sentimen positif yang menjadi modal untuk pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (13/2/2019).
 
Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan bahwa sentimen utama datang dari Presiden AS Donald Trump yang terbuka untuk memperpanjang batas waktu kenaikan tarif pada produk China jika AS dan China mendekati satu perjanjian. 
 
Meski demikian, Trump lebih cenderung menginginkan pembicaraan kedua negara tetap dapat selesai sebelum 1 Maret 2019. Dia juga menginginkan komitmen yang lebih dalam dari China terkait perjanjian perdagangan kedua belah pihak. 
 
Pasar tampaknya memiliki harapan terhadap segera berakhirnya perang dagang antara kedua negara. Hal ini terlihat adanya keinginan Trump untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dalam upaya mengakhiri perang dagang.
 
"Secara teknikal, kami memproyeksikan IHSG bergerak mixed cenderung menguat dan diperdagangkan pada rentang 6.400 – 6.450 pada perdagangan hari ini," papar Nico dalam riset harian, Rabu (13/2).
 
Pada perdagangan Selasa (12/2), IHSG ditutup melemah 68,67 poin atau 1,06% ke level 6.426. Sektor barang konsumsi memberikan kontribusi kenaikan terbesar pada perdagangan kemarin.

Adapun investor asing mencatakan penjualan bersih sebesar Rp566,2 miliar.

Tag : prediksi ihsg, perang dagang AS vs China
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top