Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspansi Emiten Logam, ZINC Pacu Produksi Pabrik Flotasi 2

PT Kapuas Prima Coal Tbk. (ZINC) akan mengoptimalkan operasi pabrik flotasi kedua perseroan untuk meningkatkan kontribusinya pada pendapatan 2019. Pabrik yang baru diujicoba Desember 2018 tersebut akan memproduksi bijih 500 ton per hari.
Kapuas Prima Coal/kapuasprima.co.id
Kapuas Prima Coal/kapuasprima.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah emiten logam nasional mengebut ekspansi bisnisnya pada tahun ini, merespons harga komoditas dunia yang meningkat, sekaligus untuk memenuhi permintaan pasar yang terus tumbuh.

Berdasarkan rekapitulasi Bisnis.com, sedikitnya 8 emiten logam nasional menyebut akan memulai proyek ekspansinya. Beberapa dari perusahaan tersebut juga telah menempuh penambahan dana melalui rights issue, di mana dana tersebut akan digunakan untuk ekspansi.

PT Kapuas Prima Coal Tbk. (ZINC) akan mengoptimalkan operasi pabrik flotasi kedua untuk meningkatkan kontribusinya pada pendapatan 2019. Pabrik yang baru diujicoba Desember 2018 tersebut akan memproduksi bijih 500 ton per hari.

“Sejak Desember 2018 sudah memproduksi skala 500 ton per hari secara terus-menerus oleh pabrik flotasi kedua, diharapkan akan berjalan optimal pada Maret/April 2019,” ungkap Direktur Keuangan ZINC Hendra Susanto William.

Hendra mengungkapkan dengan pengoperasian fasilitas flotasi kedua tersebut, ZINC akan dapat memproduksi bijih sekitar 450.000 ton ore. Dengan rata-rata kadar sebesar 10% yang akan menghasilkan konsentrat seng sebesar 45.000 ton dan timbal 30.000 ton.

Manajemen sebelumnya menyebut pabrik yang menelan investasi US$20 juta tersebut, akan meningkatkan volume produksi harian ZINC dapat menjadi 2.500 ton, sedangkan produksi bulanan menuju 7.000—7.500 ton dari sebelumnya 5.500—5.500 ton per bulan.

Manfaatkan Momentum

Merespons ekspansi agresif emiten pertambangan logam pada tahun ini, kalangan analis menilai perusahaan-perusahaan tersebut tengah menangkap peluang dari kenaikan harga komoditas global.

Analis Kresna Sekuritas Robertus Yanuar Hardy menyampaikan sejumlah komoditas seperti emas, timah, dan nikel tengah menunjukkan pergerakan harga positif, dan diprediksi terus berlanjut positif sepanjang tahun ini.

“Selain itu, serangkaian rencana ekspansi bisnis perusahaan juga memegang peranan penting, untuk meningkatkan kapasitas produksi masing-masing emiten tersebut,” ungkap Robertus saat dikonfirmasi, akhir pekan lalu.

Pergerakan Saham YTD dan Rencana Ekspansi Emiten Tambang Logam

Emiten

YTD* (%)

Rencana Ekspansi 2019

ANTM

33,99

Pembangunan total 3 smelter yang seluruhnya rampung 2021

TINS

76,82

Sedang membangun smelter efisien dengan teknologi Fuming dan Ausmelt

PSAB

4,95

Menghimpun dana melalui private placement untuk ekspansi

INCO

14,72

Merampungkan skema divestasi, membentuk JV untuk pengelolaan tambang baru

ZINC

12,81

Mulai operasikan pabrik flotasi kedua, dan masih penjajakan pembangunan smelter seng di Pangkalan Bun

MDKA

0,57

Menghimpun dana dari PUT dan private placement untuk ekspansi

*hingga penutupan perdagangan Jumat (8/1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper