Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Terpukul Data Pekerjaan AS, tapi Masih Potensi Naik

Harga emas tergelincir pada perdagangan akhir pekan akibat terbebani oleh data pekerjaan AS yang kuat. Namun, batu kuning tetap pada jalur untuk kenaikan minggu kedua didukung oleh sinyal Federal Reserve AS yang akan menghentikan kenaikan suku bunganya.
Harga emas berjangka naik di Divisi COMEX New York Mercantile Exchange./Antara
Harga emas berjangka naik di Divisi COMEX New York Mercantile Exchange./Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Harga emas tergelincir pada perdagangan akhir pekan akibat terbebani oleh data pekerjaan AS yang kuat. Namun, 'batu kuning' tetap pada jalur untuk kenaikan minggu kedua didukung oleh sinyal Federal Reserve AS yang akan menghentikan kenaikan suku bunganya.

Pada penutupan perdagangan Jumat (1/2/2019) waktu setempat, harga emas spot terkoreksi 0,25% atau 3,27 poin menjadi US$1.317,98 per troy ounce. Adapun, emas Comex turun 0,24% atau 3,2 poin menuju US$1.322 per troy ounce.

"Penurunan saat ini disebabkan oleh kombinasi laporan penggajian yang sangat kokoh, meskipun pemerintah AS ditutup, serta data manufaktur yang kuat dari AS," kata Tai Wong, kepala perdagangan derivatif logam mulia dan dasar di BMO, dikutip dari Reuters, Sabtu (2/2/2019).

"Emas juga memiliki kinerja yang baik minggu ini, melonjak di atas $ 1.300, jadi ada sedikit aksi ambil untung di sini."

Dolar berbalik positif setelah data menunjukkan data Nonfarm Payroll di Amerika Serikat naik ke level tertinggi 11 bulan pada Januari. Hal ini membuat investor melakukan profit taking emas, sehingga harga terkoreksi. Namun, prospek keseluruhan untuk emas tetap positif, kata para analis.

Logam telah naik hampir 14% sejak mencapai terendah lebih dari 1-1,5 tahun pada bulan Agustus 2018, sebagian besar karena pasar saham yang kacau dan di tengah harapan The Fed dapat menghentikan siklus kenaikan suku bunganya.

"Komentar Ketua The Fed menegaskan kembali bahwa tidak akan ada kenaikan suku bunga (segera) akan membuat emas naik," kata Miguel Perez-Santalla, wakil presiden Heraeus Metal Management di New York.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada hari Rabu kasus untuk kenaikan suku bunga telah "melemah," dengan tidak meningkatnya inflasi atau stabilitas keuangan dianggap sebagai risiko, dan "arus lintas" termasuk memperlambat pertumbuhan di luar negeri dan penutupan sebagian pemerintah AS baru-baru ini membuat prospek AS kurang tertentu.

Powell menambahkan bahwa bank sentral AS mungkin berakhir dengan neraca yang lebih besar daripada yang diperkirakan.

"Juga, orang menunggu untuk melihat apa yang terjadi dengan negosiasi perdagangan (AS-China), dan karena itu, mereka masih memegang posisi emas dan membangun," kata Perez-Santalla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Nancy Junita
Sumber : reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper