Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Logindo Samudramakmur (LEAD) Bidik Utilisasi Kapal 70% pada 2019

Emiten pelayaran PT Logindo Samudramakmur Tbk. menargetkan utilisasi kapal perseroan dapat mencapai 70% pada tahun ini. Dalam 3 tahun terakhir, perseroan fokus meningkatkan operasional kapal-kapal yang dimiliki.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pelayaran PT Logindo Samudramakmur Tbk. menargetkan utilisasi kapal perseroan dapat mencapai 70% pada tahun ini. Dalam 3 tahun terakhir, perseroan fokus meningkatkan operasional kapal-kapal yang dimiliki.

Sekretaris Perusahaan Logindo Samudramakmur Adrianus Iskandar menyampaikan bahwa perseroan menggenjot utilisasi kapal untuk meningkatkan pemasukan, melalui keterlibatan pada tender-tender yang berjalan.

“Strategi kami tahun ini secara umum tidak berbeda [dari 2018] yaitu meningkatkan utilisasi kapal-kapal. Tahun lalu kami berhsil mencapai target peningkatan utilisasi menjadi 60% dari sebelumnya 48%,” ungkap Adrianus saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (10/1).

Adrianus menyampaikan,  emiten dengan sandi LEAD tersebut akan fokus mengoperasionalkan armada sehingga belum berencana menambah kapal. Untuk tahun ini, perseroan mempersiapkan belanja modal hanya untuk perawatan kapal atau docking yaitu sebesar US$2 juta.

Meski lebih optimistis dengan iklim usaha pada 2019, Adrianus menyampaikan sektor support vessel pengangkutan migas seperti yang ditekuni perseroan menghadapi tantangan yaitu persaingan yang cukup ketat. Hal tersebut membuat harga sewa kapal masih tertekan meski permintaannya meningkat.

“Oleh karena itu untuk kontrak dengan kapal-kapal baru juga masih sulit,” ungkap Adrianus.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, LEAD membukukan pendapatan sebesar US$20,22 juta pada periode Januari—September 2018, menurun tipis 0,3% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (yoy) yang sebesar US$20,3 juta.

Pada periode tersebut, perseroan masih membukukan rugi bersih sebesar US$6,63 juta, menurun dibandingkan yoy saat rugi bersih perseroan mencapai US$8 juta.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper