Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Axiata (EXCL) Perkuat BTS di Daerah Wisata

XL Axiata (EXCL) akan terus menambah infrastruktur Base Transceiver Station atau BTS hingga perdesaan di wilayah dengan potensi pariwisata yang besar seperti Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.
Teknisi PT XL Axiata Tbk melakukan perawatan jaringan di menara Base Transceiver Station (BTS) di Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018)./JIBI-Rachman
Teknisi PT XL Axiata Tbk melakukan perawatan jaringan di menara Base Transceiver Station (BTS) di Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018)./JIBI-Rachman

Bisnis.com, BANYUWANGI - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) akan terus menambah infrastruktur Base Transceiver Station atau BTS hingga perdesaan di wilayah dengan potensi pariwisata yang besar seperti Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim mengatakan di wilayah operasi Regional Timur yakni Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT memiliki potensi wisata yang sangat besar. Industri wisata yang mengandalkan indahnya panorama alam sebagian besar berlokasi di perdesaan.

Menurut Imam, seiring dengan majunya pariwisata di daerah tersebut, media sosial dan informasi digital telah secara massif digunakan. Pertumbuhan aktivitas ekonomi digital tersebut menjadi perhatian XL Axiata East Region.

Apalagi, aktivitas ini selanjutnya memicu trend pemasaran digital untuk produk-produk UKM yang dikelola warga. Hal ini juga menjadi peluang bagi XL Axiata untuk terus memperluas jangkauan layanan data berkualitasnya.

“Infrastruktur layanan data berkualitas tinggi yang terus kami bangun hingga pelosok daerah akan bisa menggerakkan roda perekonomian rakyat, juga meningkatkan kinerja di berbagai sektor lainnya,” katanya, Selasa (18/12/2018) malam.

Imam menjelaskan di Regional Timur juga, XL Axiata telah menyelenggarakan program-program edukasi dan pemanfaatan sarana digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa-desa tertinggal.

Program tersebut antara lain adalah sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara bagi nelayan di Bali, Lombok, dan Jawa Timur. Selain itu juga ada kelas edukasi untuk kaum perempuan pelaku UKM di Lombok dan Bali.

“Mengingat besarnya manfaat yang bisa masyarakat peroleh dari layanan berbasis teknologi digital, maka kami pun menyelenggarakan program-program edukasi pemanfaatan sarana digital bagi berbagai kalangan masyarakat, antara lain petani, nelayan, kaum perempuan, pendidikan, hingga anak-anak muda kreatif,” katanya.

XL Axiata juga memperluas cakupan wilayah operasional regional timur dengan memasukkan wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua ke dalam bagian regional timur menyusul Jawa Timur dan Bali Nusra sejak November 2018. Kebijakan ini ditempuh sebagai bagian dari penyesuaian pada strategi bisnis perusahaan.

Jumlah pelanggan XL Axiata di Regional Timur telah lebih dari 1.7 juta pengguna, dengan 85% di antaranya merupakan pelanggan layanan data. Infrastruktur jaringan yang menopang antara lain diperkuat dengan lebih dari 1.300 BTS 4G, dan lebih dari 2.100 BTS 3G. Di wilayah tersebut, ada total 55 kota atau kabupaten yang kini warganya sudah bisa menikmati layanan internet cepat 4G.

“Sepanjang 2018, kami menghadapi dinamika industri yang sangat menantang, tidak hanya dari luar berupa kompetisi dengan operator lain, tetapi juga dari sisi perusahaan sendiri di mana dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan dan trafik,” tegas Imam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper