PREDIKSI IHSG JUMAT (23/11/2018): Lanjutkan Penguatan, IHSG Siap Menuju 6.123

 Indeks harga saham gabungan berpeluang kembali mendarat di zona hijau pada sesi perdagangan hari ini.
M. Nurhadi Pratomo | 22 November 2018 18:44 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat papan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (21/11/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Indeks harga saham gabungan berpeluang kembali mendarat di zona hijau pada sesi perdagangan hari ini.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan ditutup menguat 42,758 poin atau 0,719% ke level 5.990,810 pada penutupan perdagangan, Kamis (22/11). Sektor saham properti dan sektor saham keuangan memimpin penguatan dengan 1,48% dan 1,35%.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama dan support kedua memiliki rentang level 5.952,434 hingga 5.914,060. Sementara itu, resistance pertama dan kedua memiliki kisaran 6.013,410 hingga 6.036,012.

Nafan mengungkapkan bahwa berdasarkan indikator, MACD berada di area positif. Sementara itu, stokastik dan RSI berada di area netral. Di sisi lain, dia menyebut terlihat pola long white opening marubozu candle.

“Mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance,” tulisnya dalam riset harian yang dikutip, Kamis (22/11/2018).

Binaartha Sekuritas merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati investor pada sesi perdagangan hari ini di antaranya ADRO, INCO, JPFA, MAPI, PGAS, dan UNTR.

Di sisi lain, Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan secara teknikal IHSG bergerak whipsaw MA5 sebagai support terdekat dan berindikasi mampu kembali menguji resistance psikologis 6.000 pada akhir pekan. Sinyal negatif terlihat di indikator stokastik dan RSI yang menjenuh akibat penurunan dua hari pasca gagal bertahan diatas level 6.000 dan mengalami pulled back MA200.

Lanjar memproyeksikan pergerakan indeks akan cenderung tertahan pada akhir pekan. Menurutnya, support dan resistance IHSG berada pada level 5.950 dan 6.025.

Adapun, Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham yang dapat dicermati yakni LSIP, WSBP, WTON, INDF, BBTN, ADRO, dan ERAA.

Sementara itu, Vice President Research PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menjelaskan bahwa pergerakan indeks pada akhir pekan menunjukkan pola konsolidasi yang sedang berusaha digeser ke arah lebih baik. Hal tersebut sejalan dengan bantuan capital inflow yang terlihat masih terus terjadi.

William memproyeksikan indeks bergerak dengan level support 5.868 dan resistance 6.123. Dengan demikian, pihaknya memprediksi IHSG akan menguat pada sesi perdagangan hari ini.

Untuk sesi perdagangan hari ini, Indosurya Bersinar Sekuritas merekomendasikan saham KLBF, BJTM, TOTL, GGRM, AKRA, INDF, ICBP, UNVR, BBCA, dan BBNI.

Tag : IHSG, Indeks BEI
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top