PREDIKSI IHSG RABU (7/11/2018): Indeks Berpeluang Koreksi Wajar, Simak Rekomendasi Sahamnya

Pergerakan indeks harga saham gabungan berpotensi mengalami koreksi wajar setelah ditutup menguat terbatas pada sesi sebelumnya.
M. Nurhadi Pratomo | 07 November 2018 00:35 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (31/10/2018)./JIBI/Bisnis - Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pergerakan indeks harga saham gabungan berpotensi mengalami koreksi wajar setelah ditutup menguat terbatas pada sesi sebelumnya.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat tipis 3,33 poin atau 0,056% ke level 5.923,930 pada sesi perdagangan, Selasa (6/11). Sektor saham pertambangan dan sektor properti menjadi penopang laju indeks dengan penguatan masing-masing 1,1% dan 0,96%.

Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa secara teknikal IHSG memiliki pola bearish meeting line dengan candlestick bergerak bearish counter attack. Menurutnya, indeks seakan pulled back upper bollinger bands dan berindikasi dead cross pada indikator RSI.

“Sehingga diperkirakan terkoreksi pada perdagangan selanjutnya dengan support 5.852-5.955,” tulisnya dalam riset yang dikutip, Selasa (6/11).

Adapun, Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati di antaranya EXCL, INDY, ERAA, HRUM, PGAS.

Secara terpisah, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama dan kedua memiliki rentang level 5.895,007 hingga 5.866,084. Selanjutnya, resistance pertama dan kedua memiliki rentang level 5.956,409 hingga 5.988,888.

Nafan menuturkan berdasarkan indikator, MACD sudah berhasil menembus area positif. Kendati demikikan, stokastik dan RSI sudah menunjukkan overbought atau jenuh beli.

“Terlihat pola bearish spinning top candleyang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area support,” tuturnya.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham-saham yang dapat menjadi pertimbangan investor yakni ANTM, ERAA, GJTL, KLBF, SSMS, dan WEGE.

Di sisi lain, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan memproyeksikan IHSG melemah pada sesi perdagangan hari ini. Secara teknikal, indikator stokastik membentuk dead cross di area overbought yang mengindikasikan akan terjadi koreksi dalam jangka pendek.

“Investor juga akan mengantisipasi rilis data cadangan devisa Indonesia,” jelasnya.

Dennies memproyeksikan indek akan bergerak dengan level resistance 1 dan 2 masing-masing 5.955 dan 5.987. Kemudian, support 1 dan support 2 masing-masing 5.894 dan 5.865.

Untuk sesi perdagangan hari ini, saham-saham yang direkomendasikan beli oleh Artha Sekuritas yakni BKSL, SMRA, dan SCMA. Adapun, saham PTBA dan ELSA mendapatkan rekomendasi hold. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG, Indeks BEI

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top