Indeks Topix & Nikkei Melonjak Lebih dari 2%, Ini Sentimen Penggeraknya

Bursa saham Jepang melonjak pada akhir perdagangan Rabu (31/10/2018) setelah kinerja emiten yang kuat mendorong sentimen investor dan Bank of Japan mempertahankan kebijakan easy money-nya.
Aprianto Cahyo Nugroho | 31 Oktober 2018 15:35 WIB
Bursa Jepang - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Jepang melonjak pada akhir perdagangan Rabu (31/10/2018) setelah kinerja emiten yang kuat mendorong sentimen investor dan Bank of Japan mempertahankan kebijakan easy money-nya.

Indeks Topix ditutup menguat 2,15% atau 34,66 poin ke level 1.646,12, sedangkan indeks Nikkei 225 ditutup melonjak 2,16% atau 463,17 ke level 21.920,46.

Saham Sony Corp berada di antara dorongan terbesar pada indeks Topix setelah mencatat laba kuartal ketiga di atas ekspektasi analis dan menaikkan prospek setahun penuh. Saham melonjak 4,7%.

Sementara itu, saham Honda Motor Co melonjak 6,5% setelah meningkatkan prospek pendapatan menyusul pelemahan yen dan peningkatan penjualan sepeda motor yang diharapkan mengimbangi permintaan mobil yang lesu.

Sementara itu, Bank of Japan tidak mengubah stimulus moneternya dalam rapat kebijakan hari ini, melanjutkan biaya pinjaman ultra-rendah dan pembelian aset besar-besaran yang membatasi penguatan yen.

"BOJ akan pada beberapa titik menuju ke arah pengaturan kembali kebijakan moneternya, tetapi mereka akan menjadi yang terakhir bergerak dibandingkan dengan (bank sentral) AS dan Eropa, sehingga memperhitungkan potensi keluar tampaknya agak terlalu dini saat ini," kata Hajime Sakai, chief fund manager di Mito Securities Co., seperti dikutip Bloomberg.

Sakai menambahkan bahwa saham telah menjadi "cukup murah" dalam hal valuasi dan relatif terhadap pendapatan. Indeks Topix diperdagangkan pada 12,2 kali estimasi laba setahun penuh, level terendah sejak Februari 2016.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa jepang

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top