Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelemahan Euro Untungkan Eksportir, Bursa Eropa Rebound

Bursa saham Eropa berhasil mengakhiri sesi fluktuatifnya dengan rebound pada perdagangan Kamis (25/10/2018), saat hasil positif laporan keuangan korporasi di Prancis dan dorongan dari pelemahan euro yang menguntungkan eksportir mampu mengangkat pasar.
Bursa Eropa/Reuters
Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa berhasil mengakhiri sesi fluktuatifnya dengan rebound pada perdagangan Kamis (25/10/2018), saat hasil positif laporan keuangan korporasi di Prancis dan dorongan dari pelemahan euro yang menguntungkan eksportir mampu mengangkat pasar.

Berdasarkan data Reuters, pergerakan indeks saham Stoxx 600 Eropa ditutup dengan kenaikan 0,51%, sedangkan indeks saham Stoxx zona euro naik 1% dengan indeks CAC 40 Prancis naik 1,6%, terkerek oleh sejumlah laporan keuangan korporasi yang menunjukkan hasil positif.

Pergerakan bursa saham Eropa sebelumnya tertekan di tengah aksi jual global, dengan hasil laporan keuangan yang lesu dari perusahaan blue chip seperti AB InBev atau WPP. Hal ini menyoroti kekhawatiran investor tentang perlambatan pertumbuhan laba.

Saham WPP melemah 13,8% setelah kelompok iklan ini memangkas prospeknya, dengan melaporkan penurunan tajam dalam perdagangan. Pelemahan saham WPP serta merta menyeret sektor media turun 2%.

Adapun saham AB InBev anjlok 10,4% setelah raksasa pembuatan bir asal Belgia ini mengurangi separuh dividennya akibat volatilitas di pasar negara berkembang.

Namun, eksportir di kawasan itu mendapatkan dorongan dari pelemahan mata uang euro setelah Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengatakan serikat moneter Eropa tetap rentan, sehingga tidak banyak meredakan kekhawatiran tentang ketidakstabilan keuangan di Italia.

Rebound bursa Eropa juga didukung comeback yang kuat dalam bursa Wall Street di Amerika Serikat (AS) setelah mengalami penurunan tajam pada Rabu (24/10) dan indeks Nasdaq mencatat hari terburuknya sejak 2011.

Sementara itu, sektor otomotif naik 3,1% dengan saham Peugeot meopang CAC 40, dengan kenaikan 7%.

Performa terbaik pada Stoxx adalah saham Kion yang melompat 13% setelah perusahaan logistik asal Jerman ini melaporkan asupan pesanan yang kuat. Perusahaan mesin berat asal Finlandia Konecranes juga naik 12,8% setelah melaporkan laba yang lebih kuat dari perkiraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper