Prediksi IHSG Selasa (2/10/2018): Indeks Masih Lesu, Simak Rekomendasi Sahamnya

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan bertahan di zona merah setelah pada perdagangan kemarin ditutup melemah 0,53% atau 31,95 poin ke level 5.944,6.
Tegar Arief | 02 Oktober 2018 00:59 WIB
Karyawan melakukan swafoto di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (3/8/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan bertahan di zona merah setelah pada perdagangan kemarin ditutup melemah 0,53% atau 31,95 poin ke level 5.944,6.

Sepanjang perdagangan kemarin, IHSG bergerak pada kisaran 5.944,60-5.982,06. Dilansir Bloomberg, dari 603 saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sebanyak 195 saham menguat, 212 saham melemah, dan 196 saham stagnan.

Lima dari sembilan sektor turun dan menekan IHSG pada perdagangan hari ini, didorong sektor industri dasar yang melemah 2,37% dan pertanian yang turun 1,49%. Di sisi lain, empat sektor menguat, dengan dorongan utama dari sektor tambang yang naik 1,35%.

Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal IHSG membentuk pola bearish homing pigeon yang merupakan pola reversal dengan indikasi pulled back upper bollinger bands dan bearish trend line sehingga memicu pelemahan lebih lanjut menguji MA20 sebagai support terdekat.

Kata Lanjar, indikator Stochastic terlihat tertahan dengan pola pergerakan yang telah mencapai area overbought dan Indikator RSI yang lebih lambat terlihat mendatar pada area middle memberikan signal akselerasi momentum IHSG tidak cukup kuat untuk menguji level psikologis dalam jangka pendek.

"Diperkirakan IHSG akan bergerak cenderung melemah dengan support resistance 5.874-5.982," katanya, Senin (1/10/2018).

Saham-saham yang masih dapat dicermati menurutnya adalah BBNI, BBRI, EXCL, HRUM, INDY, JPFA, LSIP, WSKT, WIKA, ELSA, dan TRAM.

Vice President Research Department PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai, perkembangan pergerakan IHSG pada awal bulan masih terlihat akan berada dalam rentang konsolidasi wajar.

Kondisi ini menurutnya masih akan terjadi di tengah bergejolaknya harga komoditas serta masih berlangsungnya arus capital inflow yang sangat diharapkan untuk dapat kembali membooster kenaikan IHSG.

"Hari ini IHSG berpotensi menguat dengan pergerakan 5.811--6.123," ujarnya.

Saham yang menurutnya menarik pada perdagagan hari ini adalah JSMR, TLKM, HMSP, ICBP, WSBP, UNVR, MYOR, HMSP, dan PWON.

Tag : IHSG
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top