Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indomobil Sukses Internasional (IMAS) Divestasi 5,1% Saham Nissan Motor Indonesia

PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. berencana menjual 5,1% saham milik anak usahanya PT IMG Sejahtera Langgeng di PT Nissan Motor Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. berencana menjual 5,1% saham milik anak usahanya PT IMG Sejahtera Langgeng di PT Nissan Motor Indonesia.

Rencananya, emiten berkode saham IMAS itu akan melepas 13.433 saham Seri C PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kepada PT Tritunggal Intipermata yang merupakan pemegang 18,17% saham IMAS. Adapun 90% saham Tritunggal Inti Permata digenggam oleh Anthoni Salim. Dengan demikian, rencana transaksi itu merupakan transaksi afiliasi.

Berdasarkan keterbukaan informasi Selasa (2/10/2018), IMAS memiliki 25% saham NMI, baik secara langsung maupun tidak langsung.

"NMI menderita kerugian dalam beberapa tahun terakhir dan perseroan sudah tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap entitas asosiasi tersebut," tulis manajemen Indomobil Sukses Internasional.

Lebih lanjut, kerugian yang dialami NMI dinilai membebani laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif konsolidasian perseroan sehingga mengurangi kinerja perseroan untuk meningkatkan keuntungan.

"Rencana transaksi akan meningkatkan laba bersih perseroan karena tidak lagi turut membukukan rugi yang dialami NMI sehingga perseroan dapat meningkatkan kemampuan dalam membagikan dividen kepada para pemegang saham," imbuh manajemen IMAS.

Transaksi tersebut disepakati senilai Rp135 miliar atau berada di atas nilai pasar wajar Rp133,87 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper