Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Clariant & Martina Berto (MBTO) Kolaborasi Salurkan Bahan Kosmetik Alami

Clariant, perusahaan terkemuka di bidang kimia khusus, menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Martina Berto Tbk., produsen produk kosmetik dan herbal di Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Martha Tilaar Group.
Martina Berto/Ilustrasi-mix.co.id
Martina Berto/Ilustrasi-mix.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Clariant, perusahaan terkemuka di bidang kimia khusus, menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Martina Berto Tbk., produsen produk kosmetik dan herbal di Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Martha Tilaar Group.

Melalui kemitraan ini, Clariant akan mendapatkan akses terhadap tanaman dan ganggang unik dari kawasan Asia Tenggara, serta potensi untuk mengekplorasi dan menciptakan solusi-solusi berkelanjutan terbaru secara global.

Kerja sama antara emiten bersandi saham MBTO dan Clariant dimulai pada 2015 dan telah mencapai tahap selanjutnya melalui penandatanganan perjanjian hari ini. Berdasarkan kerja sama ini, MBTO akan memperoleh akses global untuk produk-produk inovatifnya dengan memanfaatkan sumber-sumber distribusi global milik Clariant.

"Berdasarkan keahlian dari Martina Berto, Clariant akan meningkatkan kapabilitasnya sebagai pakar di bidang alam dengan akses terhadap keanekaragaman hayati Indonesia serta meningkatkan komitmen ethical sourcing," kata Francois Bleger, Head of Clariant Business Unit Industrial & Consumer Specialty, Asia Pacific Region Clariant dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (2/10/2018).

Kerja sama ini mencerminkan langkah strategis lain dari bisnis personal care setelah kesuksesannya berkolaborasi dengan para ahli-ahli alam yanki CRM(Mediterranean biome), Beraca (Brazilian Biome) dan BioSpectrum (Asia biome) yang telah meningkatkan keanekaragaman hayati dari bahan-bahan baku untuk para pelanggan.

"Kami sangat gembira dengan perjanjian penting yang ditandatangani bersama PT Martina Berto Tbk hari ini. Kolaborasi ini didasarkan oleh semangat bersama terhadap 100% bahan-bahan alami serta untuk menggunakan keanekaragaman hayati Indonesia yang sangat kaya. Kami akan terus memperkuat posisi kami dalam hal bahan-bahan berkelanjutan dan mendorong inovasi berbasis dari alam," jelasnya.

MBTO yang didirikan di bawah Martha Tilaar Group berkomitmen penuh untuk memanfaatkan kekayaan alam Indonesia dalam memproduksi produk-produk berkualitas dengan memanfaatkan inovasi bangsa.

Sejak pertama kali didirikan, perseroan berfokus pada produksi produk-produk kosmetik yang inovatif dengan menggabungkan kearifan budaya lokal dan riset yang dilakukan terhadap berbagai tanaman obat, kosmetik dan aromatik dari alam.

Riset mencakup buah-buahan dan bunga seperti Sariayu Putih Langsat dan ekstrak manggis yang dibudidayakan guna mengembangkan bahan baku baru untuk produk personal care yang inovatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tegar Arief
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper