Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penguatan Harga Minyak Dunia Dorong Kinerja Keuangan Emiten Migas

Kenaikan harga minyak mentah dunia dinilai positif berimbas pada kinerja operasional migas dan perolehan kontrak perusahaan yang bergerak di sektor emiten migas.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Kenaikan harga minyak mentah dunia dinilai positif berimbas pada kinerja operasional migas dan perolehan kontrak perusahaan yang bergerak di sektor emiten migas.

Investor Relations PT Elnusa Tbk. (ELSA) Rifqi Budi Prasetyo mengatakan,  secara otomatis kinerja keuangan tentunya juga turut meningkat seiring dengan penguatan harga minyak dunia.

"Dengan kenaikan harga minyak, perolehan nilai kontrak kami juga akan naik. Oleh karena itu, kinerja keuangan seperti pendapatan dan laba bersih pada 2018 juga dapat meningkat," ujarnya saat dihubungi, Selasa (25/9/2018).

Sebelumnya, Direktur Utama PT Elnusa Tolingul Anwar menyampaikan, nilai kontrak baru hingga akhir 2018 minimal mencapai Rp5,5 triliun. Angka ini naik sebesar 12,24% dibandingkan tahun lalu yang sejumlah Rp4,9 triliun.

Per Juni 2018, pendapatan perusahaan mencapai Rp2,92 triliun. Nilai itu meningkat 46,46% year-on-year (yoy) dari sebelumnya Rp1,99 triliun.

Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk atau laba bersih ELSA mencapai Rp127,66 miliar. Nilai itu melonjak 783,91% yoy dari semester I/2017 sebesar Rp14,44 miliar.

CEO Medco Energi Internasional Roberto Lorato menuturkan, peningkatan pendapatan perseroan pada semester I/2018 didukung kenaikan kinerja operasional dan program efisiensi perusahaan.

Biaya produksi hanya sejumlah US$8,5 per Barrel Oil Equivalent (BOE), sesuai target perseroan yang menjaga biaya per unit di bawah US$10 per BOE.

Peningkatan kinerja juga didukung kenaikan harga jual. Per Juni 2018, harga jual minyak meningkat 35% (yoy) menjadi US$66,8 pe barel, sedangkan harga gas naik 9% yoy menuju  US$6,0 per Million British Thermal Unit (MMBTU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper