REKOMENDASI SAHAM: Mitra Adiperkasa (MAPI) Masih Jadi Unggulan, Mampukah Tembus Rp1.000?

PT Mitra Adiperkasa Tbk. masih menjadi pilihan favorit banyak analis. Lalu, sejauh mana pergerakan saham emiten dengan kode MAPI ini hingga akhir tahun?
Emanuel B. Caesario | 26 September 2018 07:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Mitra Adiperkasa Tbk. masih menjadi pilihan favorit banyak analis. Lalu, sejauh mana pergerakan saham emiten dengan kode MAPI ini hingga akhir tahun?

Dari 20 analis yang masuk dalam konsensus Bloomberg, semuanya merekomendasikan beli saham MAPI dengan rata-rata target harga Rp1.007 atau masih ada potensi peningkatan 24% dari harga penutupan perdagangan Selasa (25/9) senilai Rp810.

Michael Tjahjadi, analis NH Korindo Sekuritas, mengatakan bahwa pada kuartal kedua 2018, MAPI berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan dan laba dobel digit secara year-on-year (yoy), masing-masing 16,9% dan 20% menjadi Rp4,8 triliun dan Rp140 miliar.

Penjualan ritel dan segmen café & restoran juga tumbuh segnifikan lebih dari 20%, tertinggi sepanjang sejarah MAPI. Selain itu, tingkat pertumbuhan penjualan pada toko yang sama atau SSSG perseroan juga tumbuh 8% yoy pada semester I/2018. Adapun, khusus segmen specialty store tumbuh 10% yoy.

Menurutnya, mengingat tren beberapa tahun terakhir, kinerja MAPI pada semester II cenderung lebih baik dibandingkan dengan semester pertama. Selain itu, perseroan baru saja melakukan ekspansi organic seluas 60.000 m2 sehingga tidak sulit bagi MAPI untuk mencapai target pertumuhan pendapatan 15% pada 2018.

Pada kuartal ketiga ini, kinerja MAPI jelas terdongkrak oleh adanya Asian Games, Festifal Jakarta Great Sale, dan Hari Belanja Diskon Indonesia. Selain itu, pelemahan rupiah tidak berdampak signifikan pada pendapatan perseroan.

Michael merekomendasikan beli saham MAPI dengan target harga Rp945 yang mencerminkan price earning (PE) ratio 18,2 kali atas proyeksi laba 2018.4

Johanes Prasetia, analis BCA Sekuritas, memberikan target Rp1.000 terhadap saham MAPI. Optimisme atas kinerja positif MAPI tahun ini juga didasarkan adanya momentum Asian Games, mengingat area ritel perseroan menguasai 40% total area di mal-mal utama Jakarta seperti Plaza Senayan, Senayan City, dan Grand Indonesia.

Pada 2019, BCA Sekuritas masih melihat kinerja MAPI akan ditopang oleh segmen specialty store dan divisi F&B seiring dengan terus bertambahnya outlet perseroan pada kedua segmen itu. Pada semester I/2018, sekitar 80% pendapatan perseroan dikontribusikan dua segmen itu.

Janni Asman, analis Maybank Kim Eng Sekuritas, memperkirakan bahwa pertumbuhan penjualan per meter persergi akan tumbuh 5%—10% pertahun pada periode 2018-2020. Ini akan mempercepat perputaran inventory perseroan. Janni juga merekomendasikan beli saham MAPI dengan target harga Rp910 per saham.

 

Tag : rekomendasi saham, mitra adiperkasa
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top