PREDIKSI IHSG RABU (26/9/2018): IHSG Bakal Menghijau? Simak Rekomendasi Sahamnya

Pergerakan indeks harga saham gabungan berpeluang memantul pada sesi perdagangan hari ini meski masih dibayangi koreksi melanjutkan penutupan dua sesi  penutupan pekan ini.
M. Nurhadi Pratomo | 26 September 2018 06:59 WIB
Pengunjung berbincang di depan monitor perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (18/9/2018). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnie.com, JAKARTA -- Pergerakan indeks harga saham gabungan berpeluang memantul pada sesi perdagangan hari ini meski masih dibayangi koreksi melanjutkan penutupan dua sesi  penutupan pekan ini.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan tersungkur 7,921 poin atau 0,135% ke level 5.874,299 pada sesi penutupan perdagangan, Selasa (25/9/2018). Sektor saham industri dasar dan kimia menjadi penekan terbesar pergerakan dengan koreksi 1,58%.

Sementara itu, indeks di Asia ditutup beragam dengan Indeks Nikkei dan Indeks TOPIX menguat masing-masing 0,29% dan 1,02%. Sebaliknya, Indeks CSI terkoreksi 0,90%.

Lanjar Nafi, Head of Research Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia menjelaskan bahwa secara teknikal IHSG bergerak terpantul upper bollinger bands setelah terkonfirmasi pola northern star pada perdagangan akhir pekan kemarin. Indikator Stokastik terkonsolidasi negatif di area dekat jenuh beli.

Indikasi pergerakan secara teknikal, sambungnya, masih cenderung bearish menguji penutupan gap up yang terbentuk pada pergerakan minggu lalu. IHSG diprediksi bergerak dengan level support 5.781 dan resistance 5.903.

“Diperkirakan IHSG masih akan bergerak di zona negatif meskipun terbatas,” tulisnya dalam riset yang dikutip, Selasa (25/9).

Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham yang masih dapat dicermati untuk perdagangan hari ini yakni MYOR, LSIP, ELSA, TRAM, ANTM, dan SMRA.

Di sisi lain, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama Binaartha Sekuritas menjelaskan bahwa berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama dan kedua memiliki rentang level 5.851,694 hingga 5.829,087. Selanjutnya, resistance pertama dan kedua berada di kisaran 5.895,964 hingga 5.917,627.

Nafan menyebut berdasarkan indikator, MACS telah berhasil membentuk pola golden cross di area negatif. Sementara, Stokastik dan RSI berada di area netral.

Dia mengatakan saat ini terlihat pola bullish doji star candle yang mengindikasikan adanya potensi penguatan. Pergerakan IHSG berpeluang menuju ke area resistance.

Adapun, Binaartha Sekuritas memberikan rekomendasi sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan investor yakni AALI, BMRI, HMSP, ITMG, TRAM, dan WSKT.

Sementara itu, Vice President Research Department Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksikan IHSG akan bergerak dengan level support 5.789 dan resistance 6.123. Pergerakan indeks berpotensi menguat sejalan dengan kondisi fundamenta perekonomian yang masih stabil.

William memberikan rekomendasi sejumlah saham yang dapat menjadi menu perdagangan hari ini yakni SRIL, UNVR, MYOR, ROTI, TLKM, SMRA, SCMA, SMCB, ASRI, dan BJTM.

Tag : IHSG
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top