Antam (ANTM) Segera Komersialisasi Proyek CGA Pabrik di Kalbar

Emiten pertambangan PT Antam Tbk. siap mengoptimalkan produksi dan menggenjot penjualan komersial jelang akhir tahun.
Hafiyyan | 19 September 2018 10:55 WIB
Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa milik PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pertambangan PT Antam Tbk. siap mengoptimalkan produksi dan menggenjot penjualan komersial jelang akhir tahun.

Direktur Operasi PT Antam Tbk. (ANTM) Hari Widjajanto menuturkan, pihaknya akan melakukan produksi kembali (restarting) proyek Chemical Grade Alumina (CGA) di pabrik Tayan, Kalimantan Barat. Diharapkan komersialisasi dapat dilakukan pada November 2018.

“Jadi Oktober kami akan restarting produksi, November bisa mulai penjualan komersial,” ujarnya.

Pabrik CGA Tayan sudah berhenti beroperasi selama setahun seiring dengan rencana pengalihan saham. Fasilitas tersebut menghasilkan CGA yang digunakan untuk memproduksi bahan pendukung komponen elektronik.

Corporate Secretary ANTM Aprilandi Hidayat Setia menyampaikan, perusahaan masih dalam proses pengambilalihan 20% saham PT Indonesia Chemical Alumina (ICA) yang mengoperasiokan pabrik CGA Tayan dari Showa Denko K.K (SDK) Jepang. Adapun, 80% saham lainnya sudah dipegang Antam.

"Antam dan SDK sudah sepakat perihal pengambilalihan 20% saham ICA. Tapi ada beberapa proses penyelesaian dari lenders," tuturnya.

Menurutnya, di tengah aksi pengalihan saham, rencana operasional Tayan masih akan berjalan. Proses commissioning akan berlangsung pada September—Oktober 2018.

Tag : antam, kinerja emiten
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top