PREDIKSI IHSG SEPEKAN: Indeks Lanjutkan Penguatan, Simak Rekomendasi Sahamnya

Indeks harga saham gabungan berpeluang menguat pada sesi perdana perdagangan pekan ini melanjutkan hasil akhir pekan lalu ditopang kondisi global yang mulai kondusif.
M. Nurhadi Pratomo | 16 September 2018 20:30 WIB
Pelajar mengamati monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (13/9/2018). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Indeks harga saham gabungan berpeluang menguat pada sesi perdana perdagangan pekan ini melanjutkan hasil akhir pekan lalu ditopang kondisi global yang mulai kondusif.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 73,007 poin atau 1,246% ke level 5.931,281 pada penutupan perdagangan, Jumat (14/9). Sektor saham infrastruktur, utilitas, dan transportasi menguat 22,21 poin atau 2,19% dan sektor saham aneka industri menguat dengan 24,91 poin atau 2,07% menjadi penopang pergerakan. 

Head of Research PT Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa akhir pekan lalu mayoritas indeks saham di Asia menguat. Tercatat, Indeks Nikkei memimpin dengan 1,20% disusul oleh Indeks TOPIX 1,09%

Lanjar menilai sentimen utama masih mengenai pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China. Kedua negara itu lebih intensif membahas win win solutions. 

Untuk sesi perdagangan hari ini, dia memproyeksikan pergerakan IHSG secara teknikal melanjutkan momentum bullish setelah berhasil bertahan di atas support MA5. Indeks tengah menguji level resistance MA50 dan MA20 dengan indikasi break outmelanjutkan hingga level upper bollinger bands.

Sementara itu, stokastik mendukung pergerakan optimis dengan bullish momentum indikator yang berhasil break out rata-rata 15 momentum indikator RSI. IHSG diprediksi bergerak dengan level support 5.908 dan resistance 6.050.

“IHSG akan bergerak kembali menguat menguji level psikologis 6.000 hingga upper bollinger bands,” tulisnya dalam riset yang dikutip akhir pekan lalu.

Adapun, Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati antara lain BBCA, EXCL, BBRI, HRUM, IMAS, INDY, ITMG, KLBF, TLKM, dan TRAM.

Di sisi lain, analis Artha Sekuritas Indonesia Juan Oktavianus Harahap memproyeksikan indeks akan bergerak dengan level support pertama 5.890 dan support kedua 5.849. Sementara, resistance pertama 5.951 dan resistance kedua 5.972.

Juan memproyeksikan IHSG akan menguat pada sesi perdagangan Senin (17/9/2018). Salah satu sentimen yang mendorong pergerakan yakni kondisi global yang mulai kondusif, khususnya perang dagang antara AS  dan China.

Dari sentimen domestik, dia menyebut investor akan mengantisipasi data neraca pedagangan yang akan dirilis pada pekan ini. Rekomendasi saham harian yang dapat menjadi pertimbangan investor yakni EXCL, JPFA, INDY, LPPF, BBTN, UNVR, dan MEDC.

Tag : IHSG
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top