Prediksi IHSG Rabu (5/9/2018): Indeks Dibayangi Koreksi, Ini Saham yang Layak Dicermati

Pergerakan indeks masih dibayangi koreksi melanjutkan pelemahan yang terjadi pada sesi perdagangan sebelumnya di tengah fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.
M. Nurhadi Pratomo | 04 September 2018 20:49 WIB
Karyawan melakukan swafoto di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (3/8/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Pergerakan indeks masih dibayangi koreksi melanjutkan pelemahan yang terjadi pada sesi perdagangan sebelumnya di tengah fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) tersungkur 62,27 poin atau 1,04% ke level 5.905,301 pada sesi penutupan perdagangan, Senin (4/9). Sektor saham industri dasar menjadi penekan utama indeks dengan koreksi 2,45% dan sektor saham infrastruktur 1,90%.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan memproyeksikan IHSG akan melanjutkan pelemahan pada perdagangan hari ini. Hal tersebut sejalan dengan tekanan untuk nilai tukar rupiah yang masih berlanjut.

Secara teknikal, Dennies menyebut candlestick berpotensi membentuk lower high dan lower low. Adapun, pergerakan diproyeksikan berada di level support pertama 5.870 dan support kedua 5.835 sedangkan resistance pertama 5.959 dan resistance kedua 6.013.

“Besok, IHSG berpotensi melanjutkan pelemahan mengguji support moving average 50,” tulisnya dalam riset harian, Selasa (4/9/2018).

Adapun, Artha Sekuritas memberikan rekomendasi hold untuk saham WSBP dan ANTM pada sesi perdagangan hari ini. Sementara itu, saham PTPP dan MEDC mendapatkan rekomendasi jual.

Di sisi lain, analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan bahwa berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama dan kedua IHSG pada perdagangan esok memiliki rentang level 5.870,021 hingga 5.834,741. Sementara itu, resistance pertama dan kedua memiliki kisaran 5.959,655 hingga 6.014,010.

Nafan mengatakan berdasarkan indikator, MACD telah berhasil membentuk pola golden cross di area positif. Selanjutnya, stokastik dan RSI berada di area netral.

Akan tetapi, sambungnya,terlihat pola downward bar yang mengindikasikan adanya potensi pelemahan IHSG. Dengan demikian, pergerakan indeks berpeluang menuju ke area support.

Untuk sesi perdagangan Rabu (5/9/2018), Binaartha Sekuritas memberikan rekomendasi saham ASII, BBNI, BBTN, ELSA, ICBP, dan ITMG.

Tag : IHSG
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top