Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester I/2018, Penjualan MAP Aktif (MAPA) Tumbuh 23,4%

Peritel olahraga dan gaya hidup, PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk. mencatatkan penjualan senilai Rp2,9 triliun pada semester I/2018 atau naik  23,4% dari posisi Rp2,35 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Corporate Secretary PT Map Aktif Adiperkasa (MAA)  Ratih D Gianda menyampaikan sambutan pada pembukaan perdagangan saham bersamaan dengan pencatatan saham perdana PT MAA di Jakarta, Kamis (5/7/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Corporate Secretary PT Map Aktif Adiperkasa (MAA) Ratih D Gianda menyampaikan sambutan pada pembukaan perdagangan saham bersamaan dengan pencatatan saham perdana PT MAA di Jakarta, Kamis (5/7/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Bisnis.com, JAKARTA -- Peritel olahraga dan gaya hidup, PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk. mencatatkan penjualan senilai Rp2,9 triliun pada semester I/2018 atau naik  23,4% dari posisi Rp2,35 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Sementara itu, beban pokok penjualan emiten bersandi saham MAPA pada semester I/2018 senilai Rp1,6 triliun, meningkat 24% dari posisi Rp1,06 triliun dari semester I/2017. 
Sebelumnya, MAPA telah meneken bond subscription agreement (BSA), dengan menerbitkan obligasi tanpa bunga dan tanpa jaminan kebendaan tertentu sebesar Rp 1,5 triliun kepada Asia Sportswear Holdings Pte. Ltd. (ASH). BSA adalah bagian dari reorganisasi atas Bisnis Aktif milik MAP.
Dengan begitu, laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada semester I/2018 senilai Rp32,37 miliar, turun 61,85% dari posisi Rp84,85 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Ratih D. Gianda, Corporate Secretary MAPA menuturkan, penambahan jumlah gerai dan perbaikan yang signifikan dalam persediaan barang mendorong pencapaian kinerja keuangan perseroan, baik dalam hal penjualan maupun margin pada semester pertama 2018.
"Salah satu upaya untuk memperkuat fokus MAP Aktif dalam meningkatkan pertumbuhan bisnisnya adalah dengan melakukan mengakuisisi merek Lego dan Clarks,” tulisnya melalui keterangan resmi, Kamis (30/8/2018).
Hingga Juni 2018, MAPA memiliki 991 toko di 71 kota di seluruh Indonesia dan mengelola lebih dari 150 merek, yang lebih dari 40 di antaranya merupakan merek eksklusif. Grup Mitra Adiperkasa juga memiliki 10 multi-brand chains, seperti Planet Sports Asia, Sports Station, Footgear, The Athlete's foot, Golf House, Royal Sporting House, Payless, Ogaan, Kidz Station dan Planet Sports Kids.
Pada semester I/2018, MAPA mencapai pertumbuhan penjualan dari gerai yang sama sebesar 14% dan membuka 74 gerai baru, termasuk 19 gerai Sports Station, 9 gerai Skechers dan 9 gerai Payless.
Ratih menambahkan, meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat gaya hidup yang aktif dan sehat, maka MAP Aktif melihat pertumbuhan yang kuat di seluruh segmen usahannya. Dia mengatakan, perkembangan proses bisnis yang dilakukan perseroan terus-menerus tercermin dalam same store sales growth.
Dia memprakirakan, penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang juga berpotensi memberi inspirasi dan motivasi kepada kalangan muda untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat. MAPA juga berkomitmen untuk meningkatkan peluang gaya hidup yang lebih sehat bagi semua orang di Indonesia.
MAPA melantai pada 5 Juli 2018, dengan harga perdana senilai Rp2.100 per saham. Sejak listing di Bursa Efek Indonesia, saham MAPA telah naik 126% menuju Rp4.760 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper