Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREDIKSI IHSG JUMAT (31/8/2018): Berpotensi Menguat, Indeks Bergerak Pada Level 5.872—6.226

Indeks harga saham gabungan berpeluang menutup sesi perdagangan terakhir pekan ini dengan penguatan setelah ditutup dengan koreksi pada sesi sebelumnya.
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (23/8/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (23/8/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Indeks harga saham gabungan berpeluang menutup sesi perdagangan terakhir pekan ini dengan penguatan setelah ditutup dengan koreksi pada sesi sebelumnya.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup dengan koreksi 46,185 poin atau 0,761% ke level 6.018,964 pada penutupan perdagangan, Kamis (30/8/2018). Sektor saham infrastruktur, utilitas, dan transportasi menjadi penekan pergerakan dengan koreksi 1,55%.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan bahwa berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama dan kedua berada di rentang level 5.992,577 hingga 5.966,189. Sementara, resistance pertama dan kedua memiliki kisaran level 6.066.147 hingga 6.113,331.

Nafan mengatakan, berdasarkan indikator, MACD sudah berhasil membentuk pola golden cross di area positif. Sementara itu, stokastik dan RSI telah berada di area netral.

“Sebagai tambahan informasi, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan bagi IHSG,” ujarnya dalam riset harian yang dikutip, Kamis (30/8).

Untuk sesi perdagangan Jumat, (31/8/2018), Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham ANTM, INCO, KRAS, MEDC, TINS, dan UNTR.

Di sisi lain, Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengungkapkan secara teknikal IHSG terkonsolidasi. Pergerakan membentuk pola bearish engulfing dengan indikasi terkoreksi jangka pendek setelah seakan terlihat pulled back upper bands dan MA200.

Dia menuturkan indikator stokastik memiliki pola dead cross di area overbought dengan momentum RSI yang mulai bergerak menjenuh. Dengan demikian, diperkirakan IHSG akan bergerak dengan rentang pergerakan support 5.978 dan resistance 6.065. “Saham-saham yang masih dapat dicermati yakni EXCL, INDY, PTBA, RALS, dan SMRA,” tuturnya.

Sementara itu, Vice President Research Department PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi indeks bergerak dengan rentang support 5.872 dan resistance 6.226. Menurutnya, terdapat potensi kenaikan yang cukup besar jelang pergantian bulan.

“Agustus dimana pada umumnya terdapat tekanan besar di setiap tahun berjalan, sudah mampu dilalui dengan cukup sukses oleh IHSG. Jumat (31/8/2018) IHSG berpotensi menguat,” tulisnya dalam riset.

Adapun, Indosurya Bersinar Sekuritas memberikan rekomendasi yang dapat dicermati investor pada sesi perdagangan akhir pekan ini yakni KAEF, SMCB, INDF, JSMR, TLKM, ADHI, WIKA, PWON, dan BBNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper