Dana Kelolaan Reksa Dana Syariah Manulife Kian Gemuk

Dana kelolaan atau asset under management (AUM) produk reksa dana syariah yang dikelola PT Manulife Aset Manajemen Indonesia terus meningkat. Ada tiga reksa dana syariah yang dikelola Manulife.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 23 Agustus 2018  |  18:21 WIB
Dana Kelolaan Reksa Dana Syariah Manulife Kian Gemuk
Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Legowo Kusumonegoro (kiri) di sela-sela penyaluran dana purifikasi reksa dana syariah, Kamis (23/8 - 2018).

Bisnis.com, JAKARTA - Dana kelolaan atau asset under management (AUM) produk reksa dana syariah yang dikelola PT Manulife Aset Manajemen Indonesia terus meningkat. Ada tiga reksa dana syariah yang dikelola Manulife.

Dari data yang dirilis perseroan, AUM reksa dana Manulife Syariah Sektoral Amanah yang menggunakan aset dasar saham per akhir Juli lalu tercatat mencapai Rp337,67 miliar. Adapun Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS tercatat mencapai US$451,81 juta.

Sementara itu, satu produk syariah lain merupakan reksa dana dengan underlying asset sukuk, yakni Manulife Syariah Sukuk Indonesia. Dana kelolaan yang berhasil dihimpun melalui produk ini per akhir bulan lalu mencapai Rp597,12 miliar.

Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Legowo Kusumonegoro menjelaskan, pihaknya selalu menerapkan prinsip kehati-hatian dalam mengelola dana reksa dana syariah. Namun bukan berarti pengelolaan dana itu lepas dari kesalahan.

"Dalam pengelolaan reksa dana syariah, ada kemungkinan reksa dana tersebut menerima pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Pendapatan tersebut akan langsung dikeluarkan dari portofolio, sesuai dengan aturan pengelolaan reksa dana syariah," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (23/8/2018).

Kata dia, dana yang berasal dari hasil pembersihan atau purifikasi inilah yang kemudian disalurkan untuk kepentingan umum. Sejak dua tahun lalu perseroan selalu menyalurkan dana ini untuk kepentingan masyarakat banyak.

Pada 2017, Manulife menyalurkan dana purifikasi senilai Rp424 juta melalui Dompet Dhuafa untuk pembangunan jembatan di Semarang. Pada 2016, dana purifikasi mencapai Rp271 juta disalurkan melalui Dompet Dhuafa untuk merenovasi sekolah di Bogor.

Selain merenovasi sekolah, pada 2016 Manulife juga menyalurkan dana purifikasi senilai Rp312 juta untuk membiayai program beasiswa Ahli Syariah Pasar Modal. Adapun pada tahun ini, perseroan menggunakan dana purifikasi untuk merenovasi sekolah di Serang, Banten.

"Kami ingin dana ini disalurkan ke pihak yang tepat. Kami bekerja sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa Republika dalam program penyaluran dana purifikasi. Dompet Dhuafa bertugas menyeleksi dan mengajukan beberapa alternatif program yang tepat di berbagai wilayah Indonesia untuk menerima dana purifikasi," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
reksa dana

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top