Rekomendasi IHSG: Faktor Eksternal Masih Menekan Pasar

Kiwoom Sekuritas Indonesia memperkirakan pergerakan IHSG hari ini, Senin (20/8/2018) dipengaruhi dari faktor global akibat sentiment krisis keuangan yang terjadi di Turki dan keputusan lembaga pemeringkat Moodys & S&P menurunkan peringkat utang Turki dari sebelumnya Ba2 menjadi Ba3 secara bersamaan.
Emanuel B. Caesario | 20 Agustus 2018 10:02 WIB
Pengunjung melintas di samping papan penunjuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (27/7/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA--Kiwoom Sekuritas Indonesia memperkirakan pergerakan IHSG hari ini, Senin (20/8/2018) dipengaruhi dari faktor global akibat sentimen krisis keuangan yang terjadi di Turki dan keputusan lembaga pemeringkat Moodys & S&P menurunkan peringkat utang Turki dari sebelumnya Ba2 menjadi Ba3 secara bersamaan.

Maximilianus Nico Demus Direktur Riset dan Investasi Kiwoom Sekuritas Indonesia mengatakan bahwa tentu hal ini akan memberikan tekanan kepada krisis keuangan Turki.

Namun, Qatar berjanji akan memberikan US$15miliar dalam bentuk investasi langsung. Hal ini yang akan mengurangi beban Turki untuk saat ini. 

Sementara itu, rencana pertemuan perdagangan AS dan China akan mengurangi ketegangan yang terjadi di kedua negara tersebut dan juga dapat meredam  gejolak pasar. Adapun rencana pertemuan tersebut direncanakan pada pekan ini.

Dari domestik, dalam pidatonya Jokowi menargetkan pertumbuhan sebesar 5,3% dari sebelumnya 5 2% dan pendapatan juga diperkirakan akan naik 12,6% untuk tahun depan. Defisit anggaran tahun ini diperkirakan akan menyusut menjadi 1,84% dari 2,12%.

"Secara teknikal indeks IHSG hari ini diprediksi melemah, dengan support dan resistance di level 5.748-5.816," katanya dalam riset harian, Senin (20/8/2018).

Pada akhir pekan lalu, IHSG ditutup terkoreksi 0,56% menjadi 5.783. Sektor yang mengalami penguatan terbesar pada sektor aneka industri 1,44% dan industri dasar 1,03% sedangkan sektor yang mengalami penurunan terbesar sektor infrastruktur 1,78% dan keuangan 1,65%. Sementara asing membukukan net sell di semua perdagangan saham hari ini sebesar Rp761,99 miliar.

Tag : IHSG
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top