Komentar Optimistis Powell Dongkrak Indeks Stoxx Naik

Bursa saham Eropa mampu membalik pelemahannya pada akhir perdagangan Selasa (17/7/2018), ditopang komentar bernada optimistis dari Gubernur Federal Reserve Jerome Powell saat menyampaikan testimoninya di depan Kongres Amerika Serikat (AS).
Renat Sofie Andriani | 18 Juli 2018 06:02 WIB
Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa mampu membalik pelemahannya pada akhir perdagangan Selasa (17/7/2018), ditopang komentar bernada optimistis dari Gubernur Federal Reserve Jerome Powell saat menyampaikan testimoninya di depan Kongres Amerika Serikat (AS).

Pergerakan indeks saham acuan kawasan Eropa, Stoxx 600, ditutup naik 0,2%, membalik pelemahan yang sempat dialami sebelumnya setelah Powell menyampaikan pandangan positif atas kekuatan pasar tenaga kerja dan inflasi yang rendah.

Saham telekomunikasi membukukan penurunan terbesar yakni 1,2%, terbebani penurunan 4% pada Telenor setelah operator telekomunikasi asal Norwegia tersebut melaporkan hasil kuartal kedua yang meleset dari prediksi.

Namun, penurunan tersebut mampu diimbangi penguatan pada saham bank dan rebound saham pertambangan.

Testimoni Powell pun mendorong penguatan dolar AS sekaligus memberi tekanan pada euro, yang pada gilirannya membantu indeks DAX Jerman berkinerja lebih unggul dengan berakhir naik 0,9%.

“Pelemahan mata uang menghasilkan kinerja yang lebih baik untuk indeks Eropa terhadap indeks saham di AS,” kata Joshua Mahony, analis pasar di IG, seperti dikutip Reuters.

Pada saat yang sama, pasar juga mencermati laporan keuangan korporasi untuk kuartal kedua.

Saham Husqvarna mencatat penurunan terbesar pada Stoxx, yakni 17,4%, setelah membukukan penurunan laba operasional yang tak terduga. Kepada Reuters, CEO perusahaan mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan efek negatif dari penerapan tarif pada 2018 dan dampak yang lebih besar pada 2019.

Sementara itu, saham SEB naik 4,3% setelah pendapatan bunga bersih pada bank asal Swedia ini mengalahkan perkiraan berkat permintaan yang kuat.

 

Tag : bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top