Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Divestasi Bisnis Spreads, Unilever Indonesia (UNVR) Raih Restu Pemegang Saham

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) menyetujui penjualan aset bisnis spreads senilai Rp2,92 triliun.
Unilever/www.unilever.co.id
Unilever/www.unilever.co.id

Bisnis.com, TANGERANG--Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) menyetujui penjualan aset bisnis spreads senilai Rp2,92 triliun.

Presiden Direktur Unilever Indonesia Hemant Bakshi menyampaikan, dalam RUPSLB kedua pada Kamis (21/6/2018), perseroan mendapat izin untuk melepas bisnis spreads.

Penjualan bisnis ini mencakup aset tak terwujud, yaitu hak mendistribusikan produk dengan merek dagang global Frytol, Blue Band Master, dan Blue Band.

Selain itu, penjualan mencakup merek dagang lokal, yakni Minyak Samin dan Blue Band Gold. UNVR juga akan melepas aset berwujud seperti alat produksi, perlengkapan, persediaan dan barang dagang, serta menyewakan sebagian tanah dan bangunan pabrik di Cikarang.

Total transaksi senilai Rp2,92 triliun dilakukan bersama KKR sebagai pihak pembeli. Nantinya, KKR akan mengoperasikan bisnis spreads di Indonesia melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya.

"Kesepakatan penjualan [bisnis spreads] ini diharapkan akan ditandatangani pada Juli 2018," paparnya, Kamis (21/6/2018).

Menurut Hemant, pemisahan bisnis spreads merupakan langkah lanjutan dalam membentuk dan mempertajam portofolio bisnis UNVR untuk pertumbuhan jangka panjang.

Pelepasan bisnis spreads merupakan penyelearasan UNVR dengan Unilever N.V. dan Unilever Plc. Pada Desember 2017, secara global Unilever menerima tawaran KKR sehubungan dengan pembelian bisnis spreads, termasuk aset kategori spreads di Indonesia.

KKR adalah perusahaan investasi global terkemuka yang mengelola multiple alternative asset classes, termasuk ekuitas swasta, energi, infrastruktur, real estate, dan kredit melalui kemitraan manajer strategisnya.

"Sebagai bagian dari Unilever yang memiliki operasi di seluruh dunia, perseroan tentunya selalu menyelaraskan strategi maupun kebijakan global dari Unilever untuk merek-merek yang dikomersialisasi UNVR di Indonesia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper