Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

14 Negara Siap Hadiri 174th Meeting of the OPEC Conference

Organisasi negara pengekspor minyak (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC) bersiap menggelar 174th Meeting of the OPEC Conference
Opec gelar pertemuan pda 22 Juni di Wina./.
Opec gelar pertemuan pda 22 Juni di Wina./.

Bisnis.com, JAKARTA— Organisasi negara pengekspor minyak (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC) bersiap menggelar 174th Meeting of the OPEC Conference.

Pertemuan OPEC tersebut, seperti dikutip dari lamannya, akan diselenggarakan di Wina, Austria, pada 22 Juni 2018.

Saat ini, OPEC memiliki 14 negara anggota, yaitu Angola, Aljazair, Equador, Guinea, Gabon, Iran, Irak, Kuwait, Libia, Nigeria, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Venezuela.

Sebelumnya, Menteri Energi, Perindustrian, dan Sumber Daya Mineral Arab Saudi Khalid Al-Falih mengatakan OPEC dan negara-negara sekutunya akan sepakat untuk meningkatkan produksi minyak secara bertahap.

"Saya pikir kami akan mencapai kesepakatan yang paling memuaskan pasar. Saya pikir ini akan menjadi kesepakatan yang wajar dan moderat," tuturnya mengutip Bloomberg, Bisnis Indonesia (16/6/2018).

Rusia dan Arab Saudi akan membahas langkah selanjutnya. Kedua negara tersebut mendapat tekanan yang terus meningkat dari Presiden Amerika Serikat Donald trump untuk meningkatkan pasokan.

Sementara itu, Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan OPEC dan sekutunya dapat mempertimbangkan peningkatan sebanyak 1,5 juta barel per hari. Jumlah tersebut diperkirakan mampu mengimbangi surutnya pasokan dari Venezuela dan Iran.

Arab Saudi pun telah membahas berbagai skenario dengan peningkatan produksi antara 500.000-1 juta barel per hari.

Meskipun begitu, realisasi peningkatan produksi diperkirakan akan di bawah jumlah yang disepakati. Beberapa negara seperti Venezuela dan Meksiko hanya memiliki sedikit kemampuan untuk meningkatkan produksinya karena masalah industri minyak domestik mereka.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper