Saham CTRA Masih Layak Koleksi

Samuel Sekuritas Indonesia merekomendasikan buy untuk saham PT Ciputra Development Tbk. dengan target harga saham Rp1.580 per saham.
Novita Sari Simamora | 14 Juni 2018 12:06 WIB
Direktur Utama PT CIputra Development Tbk. (CTRA) Candra Ciputra (kanan), memberikan paparan didampingi Direktur Harun Hajadi, di sela-sela paparan publik di Jakarta, Kamis (15/6). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Samuel Sekuritas Indonesia merekomendasikan buy untuk saham PT Ciputra Development Tbk. dengan target harga saham Rp1.580 per saham.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Akhmad Nurcahyadi menuliskan dalam riset bahwa average sales price (AVP) proyek CTRA masih didominasi oleh kelas menengah dengan harga Rp500juta-Rp1 miliar (sekitar 37%) dengan mayoritas pembeli adalah end-user, yang berpotensi akan berdampak lebih minor terhadap pengaruh kenaikan suku bunga kredit, dibandingkan dengan kelas menengah bawah (end-user) dan kelas atas (investor) dengan harga Rp2 miliar.

"Ada beberapa risiko investasi yakni suku bunga KPR naik, investor properti belum kembali, permintaan stagnan pre-sales rendah," tulisnya dalam riset seperti dikutip pada Kamis (14/6/2018).

Pada tahun ini, Samuel Sekuritas memproyeksikan penjualan CTRA mencapai Rp6,7 triliun, atau naik 15,52% dari posisi Rp6,44 triliun pada akhir 2017. Adapun, EBITDA CTRA diproyeksikan bisa mencapai Rp1,86 triliun.

Laba bersih CTRA pada akhir 2018 diprakirakan mencapai Rp919 miliar dan earning per share (EPS) senilai Rp50 per saham. 

Akhmad merekomendasikan CTRA disebabkan oleh ragam proyek joint venture yang akan menjaga pertumbuhan sekaligus meminimalisasi resiko.

Salah satunya adalah kerja sama CTRA dengan Diener Syz Real Estate (perusahaan investasi dari Switzerland yang fokus pada pasar realestat di Asia) untuk mengembangkan high rise apartement di kawasan superblok. Nilai pre-sales sebesar Rp575 miliar atau setara dengan 253 unit.

 

 

Tag : ciputra
Editor : Maria Yuliana Benyamin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top