Prospek Pemilihan Baru di Italia, Indeks Stoxx Menguat di Awal Perdagangan

Emiten perbankan Italia memimpin kenaikan bursa saham Eropa di awal perdagangan Senin, (28/5/2018) setelah kegagalan partai-partai anti-kemapanan membentuk pemerintahan koalisi meningkatkan prospek pemilihan umum baru.
Aprianto Cahyo Nugroho | 28 Mei 2018 15:57 WIB
Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten perbankan Italia memimpin kenaikan bursa saham Eropa di awal perdagangan Senin, (28/5/2018) setelah kegagalan partai-partai anti-kemapanan membentuk pemerintahan koalisi meningkatkan prospek pemilihan umum baru.

Indeks Stoxx Europe 600 menguat 0,11% atau 0,44 poin ke level 391,52 pada ukul 15.30 WIB, setelah dibuka melemah 0,15% atau 0,59 poin di posisi 390,49.

Partai Five Star Movement dan Liga meninggalkan upaya untuk membentuk pemerintahan setelah Presiden Italia menolak pilihan menteri ekonomi mereka, mengirim imbal hasil obligasi Italia lebih rendah dan indeks saham FTSE MIB Italia naik tajam, sementara euro juga mencatat penguatan.

Indeks FTSE MIB menguat 1,4% di awal perdagangan, ditopang saham keuangan dan utilitas yang melonjak.

Indeks sektor perbankan Italia melonjak 3,1% dan berada pada jalur kenaikan terbesar sejak Januari. Unicredit, UBI Banca, Banco BPM dan Intesa Sanpaolo naik 2,2% hingga 2,8%.

Saham sektor utilitas, Enel, yang juga telah dirugikan oleh spekulasi investor dalam beberapa kebijakan koalisi tentang energi terbarukan, diperdagangkan naik 1,9%.

Sementara itu, indeks DAX Jerman naik 0,5%, sedangkan indeks IBEX Spanyol juga menguat 0,7%. Saham Spanyol telah jatuh tajam pada hari Jumat karena kekhawatiran Perdana Menteri Rajoy akan menghadapi voting kepercayaan terhadap dirinya.

Tag : bursa eropa
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top