Analis: Gerak Rupiah Diperkirakan Lebih Stabil Terapresiasi

Pergerakan nilai tukar rupiah diperkirakan lebih stabil dengan potensi melanjutkan apresiasi seiring dengan indikasi bearish pergerakan dolar AS.
Fajar Sidik | 23 Mei 2018 08:17 WIB
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Pergerakan nilai tukar rupiah diperkirakan lebih stabil dengan potensi melanjutkan apresiasi seiring dengan indikasi bearish pergerakan dolar AS.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan kebijakan BI untuk menaikkan 7-Day Repo Rate menjadi 4,5% mulai memberikan efek positif bagi menguatnya rupiah terhadap dolar AS. Selain itu, faktor eksternal yang cenderung kondusif juga mendukung penguatan rupiah.

Misalnya, kenaikan harga komoditas dunia memang mempengaruhi pergerakan dolar AS. Di sisi lain, sentimen perang dagang antara AS dengan Tiongkok sudah mulai mereda sebab kedua negara tersebut telah menyepakati penangguhan perang dagang.

Secara teknikal, pada USDIDR daily chart terlihat pola bearish engulfing line candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi depresiasi lanjutan bagi dolar AS terhadap rupiah, sehingga hal ini memberikan indikasi kuat bahwa rupiah masih cenderung stabil ke depannya.

Range rupiah hari Rabu ialah: 14080 hingga 14160.

Tag : Gonjang Ganjing Rupiah
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top