Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mirae Asset Sekuritas: Program Sahur Ramadan Bakal Kerek Pendapatan Emiten Televisi

Sejumlah emiten televisi diproyeksi mendapatkan pendapatan tambahan dari program sahur selama masa Ramadan tahun ini.
KPI Pantau tayangan televisi/Antara
KPI Pantau tayangan televisi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Sejumlah emiten televisi diproyeksi mendapatkan pendapatan tambahan dari program sahur selama masa Ramadan tahun ini.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christine Natasya mengatakan PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA) masih mendominasi pangsa pasar penonton (all time audience share) pada April 2018 sebesar 33,4%.

Adapun, posisi kedua ditempati oleh PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) sebesar 30,7%.

"Meskipun all-time audience share MNCN tampaknya menurun 40 basis poin secara month-on-month (MoM) pada April, FTA [free to air] TV andalan perusahaan, yaitu RCTI, membukukan kenaikan audience share non-prime time sebesar 60 bps MoM menjadi 11,8% pada April," tulisnya dalam riset yang dipublikasikan, Senin (21/5).

Di sisi lain, Mirae Asset Sekuritas memproyeksikan MNCN dan SCMA akan membukukan pertumbuhan dua digit pada kuartal I/2018, karena kuartal I/2017 merupakan low base, audience share yang tinggi dari SCMA kemungkinan akan dibukukan pada pendapatan kuartal I/2018.

"MNCN akan membukukan pendapatan dari Indonesian Idol secara parsial pada kuartal I/2018," imbuhnya.

Selain itu, UNVR meningkatkan porsi belanja iklan lebih tinggi dari biaya promosi pada kuartal tersebut. Dengan adanya pengeluaran iklan UNVR yang lebih tinggi, pemain FMCG yang lebih kecil diharapkan akan mengikuti.

"Kami mempertahankan rating overweight di sektor ini karen akami melihat banyak upside risk," kata Christine.

Sentimen positif itu datang dari gelaran Pilkada yang akan mendukung daya beli Indonesia serta mendukung belanja iklan FMCG yang lebih besar, harga saham masih relatif di bawah performa IHSG, dan permintaan tinggi dengan slot iklan terbatas akan diterjemahkan ke dalam rate card yang tinggi, terutama untuk emiten dengan audience share lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper