Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Sejumlah Saham Ini Layak Dikoleksi

Kalangan analis merekomendasi saham-saham emiten perdagangan dan consumer goods seiring dengan akan menguatnya daya beli dan konsumsi menjelang Lebaran.
Karyawan berjalan di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (3/4/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Karyawan berjalan di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (3/4/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Kalangan analis merekomendasi saham-saham emiten perdagangan dan consumer goods seiring dengan akan menguatnya daya beli dan konsumsi menjelang Lebaran.

Analis teknikal PT Panin Sekuritas, William Hartanto mengungkapkan, saat indeks harga saham gabungan (IHSG) sedang dalam tren menurun, investor disarankan investasi pada saham PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.. Menurutnya, kinerja saham SIDO sangat berbanding terbalik dengan kondisi IHSG saat ini.

"Menjelang Lebaran, saham sektor consumer goods akan sangat bagus karena ada event diskon Lebaran," ungkapnya, akhir pekan lalu.

William pun merekomendasi saham PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS) dan PT Mitra Adiperkasa Tbk. Kepala Riset PT Paramitra Alfa Sekuritas Kevin Juido juga merekomendasikan saham RALS layak dikoleksi menjelang Lebaran.

"Segmen RALS adalah kelas menengah ke bawah. Segmen kelas menengah ke bawah, kalau memperoleh tunjangan hari raya (THR) akan konsumtif dan berbelanja," ungkap Kevin.

Selain RALS, Kevin juga merekomendasikan, saham PT Ace Hardware Tbk., dan PT Matahari Department Store Tbk. dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.. Dalam sebulan terakhir, kinerja ACES, LPPF dan ICBP masing-masing terkontraksi 11,57%, 15,99% dan 3,9%.

Kevin enggan merekomendasikan segmen otomotif, karena baru-baru ini Bank Indonesia telah menaikkan BI 7 days repo rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,5%, dan berdampak pada pembelian kendaraan bermotor dengan skema kredit. Dia pun mengatakan, tidak menutup kemungkinan BI akan menaikkan bunga sebesar 25 basis poin lagi.

Head of Technical Analyst BNI Sekuritas Andri Zakarias Siregar mengatakan, saham yang layak dikoleksi menjelang Lebaran adalah MAPI, seiring dengan rencana perseroan membagikan dividen dan stock split. Dua sentimen tersebut, berpotensi mengerek kinerja saham MAPI lebih moncer.

Presiden Direktur Ace Hardware Prabowo Widya Krisnadi mengatakan, permintaan menjelang Lebaran berpotensi ada pada kisaran 20%-32%. Dia mengungkapkan, tren yang terjadi menjelang Lebaran adalah peningkatan penjualan. Adapun, peningkatan penjualan paling tinggi terjadi pada akhir tahun.

Prabowo mengungkapkan, strategi yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah mengenali kondisi pasar. Dia menuturkan, pelemahan industri properti tidak berdampak terhadap kinerja perseroan, sebab pangsa pasar yang perseroan adalah kelas menengah ke atas.

Strategi yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan, katanya, adalah meningkatkan program promosi dari 10 dalam setahun menjadi minimal 15 kali dalam setahun. Sepanjang tahun ini, perseroan telah menjalan 4 program marketing untuk meningkatkan penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper