Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REKOMENDASI SAHAM: Akankah HM Sampoerna (HMSP) Tembus Rp4.400?

Sepanjang tahun berjalan 2018, saham PT HM Sampoerna Tbk. telah merosot hingga 26,85% menuju level Rp3.460 per saham.
Pekerja PT HM Sampoerna Tbk melakukan aktivitas di pabrik sigaret kretek tangan (SKT) Sampoerna di Surabaya, Kamis (19/5/2016)./Antara
Pekerja PT HM Sampoerna Tbk melakukan aktivitas di pabrik sigaret kretek tangan (SKT) Sampoerna di Surabaya, Kamis (19/5/2016)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sepanjang tahun berjalan 2018, saham PT HM Sampoerna Tbk. telah merosot hingga 26,85% menuju level Rp3.460 per saham.

Namun, bila ditelisik lebih dalam, pada jangka menengah dan panjang yakni periode 3 tahun dan 5 tahun terakhir, saham emiten rokok ini telah tumbuh masing-masing 31,39% dan 45,2%. Lalu, bagaimana pergerakannya hingga akhir tahun ini?

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christine Natasya mengungkapkan, pada kuartal I/2018, HM Sampoerna telah membukukan laba bersih senilai Rp3,03 triliun, turun 7,9% year-on-year (yoy). Penurunan laba emiten bersandi saham HMSP itu berada di bawah perkiraan Mirae dan konsensus.

Adapun, margin laba kotor HMSP pada kuartal I/2018 tercatat turun 2% menjadi 23,8%, karena volume penjualan lebih tinggi dari produk yang memiliki margin lebih kecil seperti Magnum Mild dan Marlboro Filter Black. Christine menilai, HMSP tidak dapat mempertahankan market share dan margin secara bersamaan karena harus mengorbankan margin untuk dapat mempertahankan market share.

"Kami mempertahankan rekomendasi hold atas saham HMSP dan menurunkan target harga menjadi Rp3.750 per saham. Penurunan target harga saham HMSP sejalan dengan realisasi kinerja kuartal I/2018," tulisnya melalui riset, Rabu (2/5).

Analis JP Morgan Sekuritas Indonesia Indra Cahya menilai, valuasi HMSP mencapai titik terendah sepanjang sejarah. JP Morgan Sekuritas Indonesia mempertahankan underweight dan memproyeksikan target harga HMSP berpotensi mencapai Rp3.800 per saham pada akhir 2018.

Berdasarkan konsensus Bloomberg, dari 28 analis yang menganalisis saham HMSP, sebanyak 18 analis merekomendasikan hold, 9 analis merekomendasikan buy dan satu analis merekomendasikan sell. Target harga saham HMSP dalam konsensus Bloomberg yakni Rp4.412,17 per saham.

Selain itu, nilai pendapatan dan laba bersih HMSP dalam konsensus hingga akhir 2018 masing-masing senilai Rp107,09 triliun dan Rp13,7 triliun atau masing-masing diprediksi tumbuh 8,08% dan 8,17% secara tahunan.

Saat ini, price earning ratio (PER) HMSP mencapai 33,27 kali dan kapitalisasi pasar mencapai Rp402,46 triliun.

Merosotnya harga saham HMSP hingga sepanjang tahun berjalan ini, tidak menyurutkan optimis kalangan analis. Apalagi dengan potensi perbaikan ekonomi, konsumsi masyarakat dan pemilihan kepala daerah serentak diperkirakan berpotensi mengerek saham HMSP menuju level Rp4.412 per saham.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper