Ini Alasan Moodys Upgrade Peringkat Jasa Marga (JSMR) Jadi Baa2

Moodys Investor Service menaikkan peringkat surat utang PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dari Baa3 ke Baa2 serta merevisi outlook dari positif menjadi stabil.
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 15 April 2018  |  18:57 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Moody’s Investor Service menaikkan peringkat surat utang PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dari Baa3 ke Baa2 serta merevisi outlook dari positif menjadi stabil.

Ray Tay, Wakil Presiden Moody dan Senior Credit Officer, mengatakan bahwa peningkatan peringkat Jasa Marga mencerminkan ekspektasi Moody’s akan kemungkinan dukungan yang besar dari Pemerintah Indonesia pada saat dibutuhkan.

“Hal ini mengingat kepemilikan mayoritas oleh pemerintah dan peran penting Jasa Marga dalam rencana Indonesia untuk mengembangkan infrastruktur transportasi negara, khususnya sektor jalan tol," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (15/4/2018).

Peningkatan peringkat emiten dengan kode saham JSMR ini tidak terlepas dari peningkatan peringkat pemerintah Indonesia serta surat utang pemerintah Indonesia oleh Moody’s dari Baa3 menjadi Baa2 dengan outlook stabil.

Jasa Marga merupakan perusahaan publik yang 70% sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Kepemilikan saham pemerintah tetap pada tingkat yang sama sejak IPO JSMR pada 2007.

Pada Desember 2017, perusahaan mengoperasikan 680 km tol jalan di berbagai wilayah di Indonesia, mewakili 62% dari total jalan tol yang beroperasi di Indonesia saat itu.

Pangsa pasar Jasa Marga dalam hal volume transaksi jalan tol adalah 80%. Dalam hal total jalan tol konsesi, JSMR memiliki hak untuk membangun, memiliki dan mengoperasikan 1,497 km tol jalan secara total.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jasa marga

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top