BEI Targetkan Buka 50 Galeri Investasi Pasar Dalam 3 Bulan

Bursa Efek Indonesia menargetkan dalam tiga bulan ke depan dapat membuka 50 galeri investasi di pasar tradisional yang tersebar di 25 lokasi di berbagai daerah di Indonesia.
Emanuel B. Caesario | 27 Maret 2018 15:26 WIB
Dirut PT Chitose Internasional Tbk Dedie Suherlan (dari kiri), Direktur BEI Nicky Hogan, Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana, dan Kepala Perwakilan BEI Jawa Barat Reza Sadat Shahmeini meninjau fasilitas Galeri Investasi BEI usai diresmikan di PT Chitose, Baros, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (14/3/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — Bursa Efek Indonesia menargetkan dalam tiga bulan ke depan dapat membuka 50 galeri investasi di pasar tradisional yang tersebar di 25 lokasi di berbagai daerah di Indonesia.

Tito Sulistio, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, mengatakan bahwa sejauh ini BEI baru mendirikan 2 galeri investasi pasar. Galeri investasi pasar yang pertama terletak di pasar Cikurubuk, Tasikmalaya.

Galeri investasi pasar pertama ini diresmikan BEI bersama Reliance Sekuritas dan Universitas Siliwangi pada pertengahan Februari lalu. Sementara itu, galeri investasi pasar yang kedua ada di Balikpapan.

“Kita sendiri selain perbaikan peraturan, ingin membuka lebih banyak galeri pasar. Di Balikpapan itu ada investor bawa Rp200 juta, di Cikurubuk ada yang taruh Rp2 miliar. Targetnya dalam 3 bulan ada 50 galeri pasar, satu tempat ada 2 galeri dikali 25 tempat,” katanya, Selasa (27/3/2018).

Tito optimistis target tersebut dapat terealisasi pada Juni tahun ini. BEI saat ini memiliki 29 kantor perwakilan di hampir seluruh provinsi di Indonesia. BEI akan bekerja sama dengan anggota bursa untuk meningkatkan penetrasi dan pendalaman pasar melalui pembukaan lebih banyak galeri investasi.

Tujuan pembukaan galeri investasi di pasar tradisional adalah untuk mendekatkan pasar modal dengan seluruh lapisan masyarakat. Lagi pula, tuturnya, uang beredar di pasar tradisional tidak sedikit. Cukup banyak masyarakat yang memiliki hasrat berinvestasi di daerah yang membutuhkan saluran investasi yang mudah dijangkau.

Hingga akhir tahun, BEI menargetkan galeri pasar yang dibuka akan mencapai 100 unit.

Tag : bei
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top