Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Baturaja (SMBR) Incar Pertumbuhan Laba 44%

Direktur Utama Semen Baturaja Rahmad Pribadi memproyeksikan EBITDA pada tahun ini bisa mencapai Rp671 miliar. Proyeksi pertumbuhan laba yang tinggi tersebut sejalan dengan proyeksi penjualan.
Kendaraan semen curah milik SMBR/Bisnis
Kendaraan semen curah milik SMBR/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten semen, PT Semen Baturaja Tbk. (Persero) memproyeksikan pertumbuhan laba bersih sepanjang 2018 bisa mencapai Rp211 miliar, atau tumbuh 44% secara tahunan.

Direktur Utama Semen Baturaja Rahmad Pribadi memproyeksikan earning before interest, taxes, depreciation, and amortization (EBITDA) pada tahun ini bisa mencapai Rp671 miliar. Proyeksi pertumbuhan laba yang tinggi tersebut sejalan dengan proyeksi penjualan.

Hingga akhir 2018, kata Rahmad, target penjualan sekitar 54% menjadi 2,75 juta ton dengan target pendapatan naik 66% menjadi Rp2,57 triliun hingga ujung tahun ini. Sebagai pembanding, pada 2017, perseroan berhasil membukukan pendapatan senilai Rp1,55 triliun tumbuh tipis 1,9% dari posisi Rp1,52 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Target laba bersih tahun ini Rp211 miliar, naik 44%. Kalau target pertumbuhan penjualan dan pendapatan masing-masing 54% dan 66% hingga akhir tahun ini,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Hingga akhir 2018, emiten bersandi saham SMBR ini memproyeksikan volume penjualan menjadi 2,75 juta ton. Dalam laporan keuangan tahunan 2017, penjualan semen SMBR tumbuh dari 2015 hingga 2017. Adapun volume penjualan tiap tahunnya pada 2015, 2016 dan 2017 masing-masing 1,53 juta ton (2015), 1,63 juta ton, dan 1,76 juta ton.

Secara nasional, kelebihan pasokan memang terjadi, akan tetapi untuk segmen pangsa pasarnya di wilayah Sumatra Selatan hal itu tidak terjadi. Dia mengatakan, wilayah Sumatra bagian Selatan (Sumbagsel) mengalami kekurangan pasokan.

Menurutnya, Jambi, Sumatra Selatan, dan Bengkulu memiliki pemintaan semen hingga 6,5 juta ton per tahun, atau mencatatkan pertumbuhan tertinggi dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Pangsa pasar Sumbagsel masih empuk mengingat kapasita produksi SMBR masih 3,85 juta ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper